Harga Vespa LX 125 Rakitan Cikarang Nggak Lebih Murah, Mengapa?

Sabtu, 10 Juni 2023 - 18:07 WIB
loading...
Harga Vespa LX 125 Rakitan Cikarang Nggak Lebih Murah, Mengapa?
Pabrik Vespa di Cikarang memproduksi Vespa LX 125 dan Vespa Batik. Foto: dok Piaggio Indonesia
A A A
JAKARTA - Meski sudah dirakit lokal, Piaggio punya alasannya sendiri mengapa Vespa LX 125 i-get tidak turun harga.

Pada November 2022, PT Piaggio Indonesia (PID) meresmikan pabrik mereka di Kawasan Jababeka, Cikarang, Jawa Barat. Pabrik itu dipakai untuk merakit secara lokal Vespa LX 125 i-get tipe standar dan juga Vespa Batik.

Pabrik yang didirikan PID ini diharapkan dapat membuat harga skuter matik Vespa bisa turun harga. Namun, sampai saat ini tak ada indikasi penurunan. Tetapi yang terjadi justru sebaliknya, ada peningkatan harga untuk kedua model tersebut.

Harga Vespa LX 125 Rakitan Cikarang Nggak Lebih Murah, Mengapa?

Sekadar informasi, saat pabrik tersebut dibuka harga Vespa LX 125 i-get tipe standar dibanderol Rp40,5 juta. Sementara Vespa Batik yang mengambil basis dari LX 125, ditawarkan dengan harga Rp75 juta, lengkap dengan helm dan box.

Namun, menurut laman resmi Piaggio, saat ini harga Vespa LX 125 i-get mengalami kenaikan menjadi Rp44,5 juta. Sedangkan Vespa Batik dibanderol Rp77 juta, atau naik sekitar Rp2 juta.

Ayu Hapsari, PR and Communication Manager PT Piaggio Indonesia menjelaskan alasan mengapa Vespa LX 125 dan Vespa Batik yang sudah dirakit secara lokal belum alami penurunan harga karena komponennya sebagian besar masih impor.

“Memang, harganya untuk saat ini belum turun. Karena memang untuk mencapai komponen lokal dan sejenisnya kita masih dalam proses. Ini karena memang (pabriknya) masih baru,” kata Ayu saat ditemui di Jakarta Selatan, belum lama ini.

Namun, Ayu menegaskan Piaggio Indonesia juga tak menjamin akan ada penurunan harga ketika produksi Vespa LX 125 sebagian besar menggunakan komponen lokal.



Menurutnya, ini akan menimbulkan kecemburuan sosial terhadap yang sudah membeli lebih dulu. “Terus nanti kalau diturunin yang sudah punya Vespa LX jadi sedih, kok harganya turun waktu kita beli harganya gak segitu. Nanti yang jual Vespa LX (bekas) ini juga kasihan, karena penurunannya akan sangat jauh,” ujarnya.

Vespa LX 125 menjadi produk terlaris dari Piaggio di Indonesia karena desainnya yang ikonik dan harganya yang terjangkau. Skutik ini juga dibekali mesin dengan performa tinggi meski hanya menggendong mesin berkapasitas125cc
(dan)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2388 seconds (0.1#10.140)