Mungkinkah Suzuki Katana Akan Dibangkitkan Lagi di Indonesia?

Jum'at, 16 Juni 2023 - 07:09 WIB
loading...
Mungkinkah Suzuki Katana Akan Dibangkitkan Lagi di Indonesia?
Suzuki Katana pernah sangat disukai oleh masyarakat Indonesia karena ketangguhannya. Foto: dok Suzuki Indonesia
A A A
Suzuki Katana pernah jadi mobil yang sangat disukai oleh masyarakat Indonesia. Bagaimana prospek hadirnya mobil SUV kompak yang pernah jadi idaman itu di Indonesia?

Sejak pertama kali diluncurkan pada 1986, Suzuki Katana langsung jadi mobil yang sangat disukai oleh masyarakat Indonesia. Mobil SUV kompak tiga pintu itu digemari karena bentuknya yang ringkas dan ideal dibawa melewati kondisi jalanan di Tanah Air.

Hanya saja pada 2006 Suzuki Indonesia tidak lagi memproduksi mobil tersebut. Namun nama Suzuki Katana kembali dibicarakan karena kesuksesan Suzuki Jimny generasi baru.

Bentuknya yang nyaris mirip membuat banyak orang teringat kembali dengan Suzuki Katana. Tidak heran jika banyak yang berharap Suzuki bisa kembali menghadirkan Suzuki Katana ke Tanah Air.

Apalagi faktanya Suzuki Katana dulu merupakan versi 4x2 dari Suzuki Jimny yang memang memiliki sistem penggerak empat roda.
"Nama Suzuki Katana itu cuma ada di Indonesia. Jadi bukan produk global yang bisa saja dihadirkan kembali," ujar Donny Saputra, Marketing Director 4W PT Suzuki Indomobil Sales (SIS).

Dia juga mengatakan meski Suzuki Jimny dan Suzuki Katana sama-sama punya sedikit kemiripan bukan berarti Suzuki Indonesia bisa dengan mudah melakukan perubahan. Jadi tidak bisa tiba-tiba sistem penggerak empat roda Suzuki Jimny diganti jadi sistem penggerak 4x2 agar jadi Suzuki Katana.

"Suzuki Jimny itu sudah paten penggerak empat roda. Jadi tidak bisa diganti," tegasnya.

Dia memahami saat ini memang banyak mobil-mobil lama dihadirkan kembali dan mendapatkan respons yang sangat positif dari masyarakat. Dia juga merasa ada kesalahpahaman informasi yang diterima masyarakat belakangan ini tentang mobil baru Suzuki yang akan dihadirkan di Indonesia.



Dia mengatakan Suzuki memang tahun ini akan menghadirkan mobil baru yang berupa SUV legendaris. Hanya saja mobil SUV legendaris itu bukanlah Suzuki Katana. "Mobil itu adalah ekstensifikasi model yang ada. Legendary SUV," kata Donny Saputra.

Hal itu menurutnya sesuai dengan fokus utama Suzuki di Indonesi atahun ini yakni memaksimalkan produksi lokal dan pengembangan mobil SUV. Menurut dia akan ada banyak SUV dari Suzuki yang disiapkan buat Indonesia. Tapi yang pasti bukanSuzukiKatana.
(dan)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.5077 seconds (0.1#10.140)