Ini Truk Jet Tercepat di Dunia, Rekor Shockwave Masih Bertahan selama 10 Tahun

Sabtu, 17 Juni 2023 - 19:08 WIB
loading...
Ini Truk Jet Tercepat di Dunia, Rekor Shockwave Masih Bertahan selama 10 Tahun
Shockwave dikenal sebagai mobil legendaris yang mencetak rekor sebagai truk jet tercepat di dunia. Truk jumbo ini mencatat rekor kecepatan 605 kilometer per jam dalam waktu kurang dari 10 detik. Foto/Oddity Central
A A A
WASHINGTON - Shockwave dikenal sebagai mobil legendaris yang mencetak rekor sebagai truk jet tercepat di dunia. Truk berukuran jumbo ini mencatat rekor kecepatan 605 kilometer per jam dalam waktu kurang dari 10 detik.

Awalnya, Shockwave dibuat oleh Les Shockley yang legendaris pada tahun 1984, kemudian dimodifikasi oleh Darnell Racing Enterprises. Dikutip dari laman odditycentral, Sabtu (17/6/2023), menggunakan tiga mesin jet Pratt & Whitney J58 yang bisa menyemburkan tenaga sebesar 36.000 bhp.

Kabarnya, dengan kekuatan mesin tersebut Shockwave bisa menempuh seperempat mil atau 402 meter dalam waktu 6,5 detik. Padahal supercar seperti Lamborghini Aventador membutuhkan waktu 10,4 detik untuk menempuh jarak yang sama.



Tak ayal bila Shockwave memiliki konsumsi bahan bakar yang cukup banyak, terlebih ketika mengaktifkan afterburner. Dengan kecepatan dan rakus bahan bakar, Shockwave tentunya bukan kendaraan hemat yang pernah dibuat.

“Saat berakselerasi, truk tersebut melaju sangat cepat. Untuk menghentikan 'binatang buas' ini kami menggunakan dua parasut militer slot cincin 16 inci," tutur Chris Darnell selaku pilot Shockwave, dalam sebuah wawancara.

Mengemudi truk jet tercepat di dunia merupakan salah satu pengalaman yang sangat menggembirakan dan juga pengalaman yang paling berbahaya. Pada bulan Juni tahun lalu, selama Battle Creek Field of Flight and Balloon Festival yang diadakan di Bandara Battle Creek, truk Shockwave mengalami kerusakan mekanis.



Shockwave pun mengalami kecelakaan hingga terguling, dan menewaskan pengemudinya serta mengakibatkan truk tersebut hancur. Sebagai informasi, Shockwave mencetak rekor dunia untuk truk jet tercepat hampir satu dekade yang lalu. Meski truk tersebut sudah tidak ada lagi, rekornya mungkin tidak akan terpecahkan untuk waktu yang lama.
(wib)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.4825 seconds (0.1#10.140)