7 Fakta Industri Otomotif Iran, Negara yang Akan Menjadi Pesaing Utama China

Senin, 19 Juni 2023 - 13:10 WIB
loading...
7 Fakta Industri Otomotif Iran, Negara yang Akan Menjadi Pesaing Utama China
Pekerja tampak sedang membersihkan rangka mobil di pabrik yang berlokasi di Teheran. Foto: AP/Ebrahim Norooz
A A A
IRAN - Penemuan tambang lithium baru di Iran akan berpotensi meningkatnya industri otomotif Iran . Sehingga diperkirakan jika negara tersebut akan menjadi pesaing utama dari industri otomotif China.

Memang mobil-mobil keluaran Iran mungkin tidak pernah terdengar sebelumnya. Tapi, sebenarnya industri otomatif di negara tersebut sedang menggeliat. Nah, berikut ini adalah beberapa fakta tentang industri otomotif di Iran.

7 Fakta Menarik dari Industri Otomotif Iran

1. Otomotif menjadi industri aktif di Iran

Industri otomotif Iran merupakan industri paling aktif ketiga setelah industri minyak dan industri gas. Hal tersebut diketahui lantaran industri otomotif menymbang 10 persen PDB dan 4 persen dari total penduduk atau sekitar 700 ribu menjadi tenaga kerjanya.

2. Pernah menjadi produsen otomotif terbesar di dunia

Dalam sejarahnya, Iran juga pernah menjadi negara industri otomotif terbesar di dunia. Di bawah kepemimpinan Mohammad Reza Shah Pahlevi, industri otomotif berkembang pesat. Hal itu dibuktikan dengan jumlah produksinya yang mencapai 200 ribu unit per tahun.

3. Kemunduran industri otomotif Iran karena perang

Selama perang Iran dan Irak berlangsung atau yang dikenal dengan Revolusi Iran, ternyata berdampak pada industri otomotif Iran. Penurunan jumlah produksi menurun akibat kekacauan di negaranya. Terlebih ketika adanya sanksi internasional yang melarang Iran untuk mengekspor produknya.

4. Otomotif Iran bangkit kembali sejak awal 2000-an

Sejak awal 2000-an, industri otomotif Iran kembali bangkit secara eksponensial. Terutama untuk kendaraan mobil yang sudah memproduksi hingga melewati angka satu juta pada tahun 2007-2008. Selain mobil, industri otomotif lainnya pun sudah kembali berkembang.

5. Pernah menduduki posisi kelima dunia

Pada 2009, Iran pernah menduduki posisi kelima sebagai negara produksi mobil terbanyak dunia. Sehingga negara yang satu ini sudah menjadi pesaing kuat negara produsen mobil besar dunia seperti China, Rumania dan India.

6. Menjadi negara pembuat mobil terbesar ke-20 dunia

Saat ini, Iran tengah menduduki posisi ke-20 sebagai negara pembuat mobil terbesar di dunia dan menjadi salah satu negara dengan produksi mobil terbanyak di Asia. Jumlah produksi mobil di Iran diperkirakan lebih dari 1,6 juta per tahunnya.


7. Memproduksi berbagai jenis kendaraan

Tidak hanya mobil biasa, kini industri otomotif Iran tengah menciptakan berbagai jenis mobil, seperti mobil penumpang, 4WD, truk, bus, minibus, dan truk pickup. Namun untuk output lokal Iran, 75 persen adalah mobil penumpang dan 15 persen lainnya adalahmobilpickup.
(dan)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1565 seconds (0.1#10.140)