Bidik Rolls-Royce, Toyota Bakal Bikin Century Jadi SUV Termewah

Minggu, 25 Juni 2023 - 09:17 WIB
loading...
Bidik Rolls-Royce, Toyota Bakal Bikin Century Jadi SUV Termewah
Ilustrasi SUV Toyota Century buatan Carscoops yang diperkirakan akan meluncur akhir tahun 2023 ini. Foto/Carscoops.
A A A
JAKARTA - Toyota diam-diam punya misi rahasia mengubah mobil sedan termahal, Toyota Century menjadi sebuah SUV. Diperkirakkan mobil SUV yang dibuat dari Toyota Century itu akan jadi SUV termahal dan termewah di atas Toyota Land Cruiser.

Diharapkan nantinya SUV baru itu akan berhadap-hadapan dengan mobil SUV superluks yang ada saat ini seperti Rolls-Royce Cullinan dan Bentley Bentayga. "Sebelumnya informasi ini hanyalah rumor belaka. Hanya saja Toyota sudah memastikan akan melakukan perubahan besar pada Toyota Century," tulis Carscoops.

Hal itu didasarkan pada pernyataan Chief Branding Officer Toyota Motor Corp, Simon Humphries saat meluncurkan Toyota Alphard dan Toyota Vellfire baru akhir pekan ini.

Saat itu Simon Humpries menyebutkan ada kejutan besar di pengujung tahun 2023 yakni hadirnya mobil baru yang didasarkan pada Toyota Century.

"Toyota Century adalah mobil yang memberikan pengalaman luar biasa. Terutama buat mereka yang nyaman disopiri. Mobil ini juga perlu berubah seiring kita bergerak menuju masa depan. Di akhir tahun ini, saya berharap mendapatkan kesempatan untuk mengenalkan tambahan baru untuk mobil seperti ini," ujar Simon Humphries.

Saat memberikan pernyataan itu, Toyota sedikit menampilkan siluet dari mobil yang dibicarakan Simon Humphries. Dari siluet tersebut terlihat Toyota Century mengalami perubahan dari sisi dimensi.

Misalnya bodi mobil yang makin membesar, kap mesin yang panjang, dan adanya pilar baru yakni pilar D. Artinya mobil tersebut akan berubah dari sedan jadi SUV.

Carscoop melanjutka berdasarkan informasi awal tahun ini diketahui Toyota Century SUV akan arsitektur TNGA-K. Platform tersebut sudah digunakan di beberapa model SUV Toyota seperti Toyota Highlander dan Lexus TX.

Begitu juga dengan tiga mobil kembar MPV berukuran besar Toyota takni Toyota Alphard, Toyota Vellfire, dan Lexus LM. Jadi Toyota punya banyak bekal untuk membuat SUV yang supermewah..

Untuk piliha mesin, kemungkinan Toyota akan mengganti mesin V8 yang ada di Toyota Century dengan teknologi hybrid. Hal itu sejalan dengan tren yang ada saat ini. Diperkirakan mesin yang digunakan adalah penggabungan mesin 2,5 liter empat silinder dengan motor listrik ganda.

Soal harga, Carscoops menduga mobil SUV Toyota yang akan berhadap-hadapan dengan Rolls-Royce Cullinan dan Bentley Bentayga itu akan dijual 15 juta Yen atau mencapai Rp1,5 miliar. Mobil itu nantinya tidak hanya dijual untuk di kawasan Jepang saja tapi juga di pasar global.

Tentunya kehadiran Toyota Century SUV akan jadi hal yang menarik. Pasalnya di segmen SUV supermewah belum ada satu pun pabrikkan mobil asal Jepang yang meramaikan pasar tersebut.

Saat ini Rolls-Royce Cullinan dan Bentley Bentayga merupakan mobil yang paling dominan.
(nag)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2707 seconds (0.1#10.140)