Sama-sama Klasik, Ini 4 Perbedaan Vespa VBB dan Vespa Kongo

Senin, 26 Juni 2023 - 14:52 WIB
loading...
Sama-sama Klasik, Ini 4 Perbedaan Vespa VBB dan Vespa Kongo
Vespa Kongo (kiri) dan Vespa VBB yang jadi idaman penggila Vespa klasik. Foto: dok Bukalapak/Instagram @owedewo
A A A
JAKARTA - Vespa VBB dan Vespa Kongo sama-sama Vespa klasik yang monumental. Tapi ada beberapa perbedaan mendasar di antara keduanya. Apa saja sih yang perlu diketahui?

Vespa klasik memang tidak pernah kehilangan pamor maupun penggemar. Bahkan Vespa klasik seperti Vespa VBB dan Vespa Kongo memiliki tempat khusus di hati para penggemar skuter buatan Italia itu.

Saat ini Vespa klasik memang memiliki banyak penyebutan. Ada yang disebut Vespa VBA, Vespa VBB, Vespa VNA, Vespa VNB, serta Vespa VGLA dan Vespa VGLB. Bagi Anda yang belum paham tentu akan bingung dengan penyebutan-penyebutan tersebut.

Untuk jelasnya, tiga atau empat huruf yang ada di belakang Vespa itu sebenarnya bukanlah nama varian. Alih-alih adalah nomor mesin dari Vespa tersebut. Selanjutnya huruf A dan B yang ada di bagian belakang merupakan urutan tahun produksi.

Nah urutan produksi yang pertama biasanya berakhiran A. Model yang sama dengan tahun yang berbeda akan menggunakan huruf selanjutnya yakni B, C, dan seterusnya.

Setelah paham dengan nama-nama tersebut, Anda akan mengetahui bahwa saat ini Vespa VBB dan Vespa Kongo merupakan dua Vespa klasik yang ada di Indonesia. Pasalnya popularitasnya cukup banyak meski harganya tentu akan sangat tinggi ditentukan oleh kualitasnya.

Sama-sama Klasik, Ini 4 Perbedaan Vespa VBB dan Vespa Kongo

Vespa Kongo yang banyak dicari. Foto: dok Bukalapak

Vespa Kongo sendiri memiliki nomor mesin VGLA dan VGLB yang ditentukan oleh tahun produksinya.

Bila dilihat secara kasat mata, tampilan Vespa VBB dan Vespa Kongo tidak jauh berbeda. Keduanya memiliki bodi yang berbentuk menyerupai telur atau endog. Vespa Kongo dan Vespa VBB bahkanmemiliki kepala depan yang berbentuk bulat.

Namun jika dilihat secara detail dan keseluruhan, kedua jenis vespa ini memiliki beberapa perbedaan.

Lalu apa saja sih perbedaannya antara Vespa VBB dan Vespa Kongo yang VGLA, berikut ini perbedaannya:

1. Diameter Velg

Velg yang digunakan antara Vespa VBB dengan Vespa Kongo sangat jauh berbeda. Vespa Kongo menggunakan vel ring 10. Sebaliknya Vespa VBB menggunakan velg ring 8. Tentu hal itu akan berpengaruh pada penampilan Vespa Kongo yang terlihat lebih tinggi.

2. Bentuk Panel Instrumen

Bentuk speedometer Vespa Kongo berbentuk kotak, tidak seperti kepunyaan VBB lain yang berbentuk oval. Bentuk

3. Posisi Saklar

Vespa Kongo punya saklar yang terletak di setang sebelah kiri. Sedangkan untuk Vespa VBB tidak memiliki saklar di setang sebelah kiri.


4. Negara Produksi

Ciri khas perbedaan Kongo dengan Vespa seri VBB adalah soal pembuatannya. Pembuatan vespa Kongo kala itu dirakit di Jerman oleh Perusahaan Scooter GmbH Augsburg pada kisaran tahun 1963. Berbeda dengan seri Vespa lainnya, termasuk Vespa VBB, yang diproduksidiItalia.
(dan)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.6054 seconds (0.1#10.140)