Rongsokan Mobil Bekas Terbakar Ini Dihargai Rp30 Miliar, Kok Bisa?

Senin, 03 Juli 2023 - 07:21 WIB
loading...
Rongsokan Mobil Bekas Terbakar Ini Dihargai Rp30 Miliar, Kok Bisa?
Ferrari 500 Mondial Spider Series 1 garapan Pinin Farina dengan kode sasis 0406 MD lansiran tahun 1954 saat utuh dan setelah terbakar. Foto: ist
A A A
ITALIA - Kerangka atau rongsokan mobil bekas terbakar sudah pasti tidak punya nilai jual tinggi. Kalaupun ada, hanya dijadikan “kanibal”. Yakni, diambil suku cadang yang masih layak dipakai untuk dijual secara terpisah.

Nah, uniknya ada rongsok kerangka dari Ferrari yang nilainya bahkan lebih berharga dibandingkan mobil barunya. Melansir Carscoops, rumah lelang RM Sothebys akan melelang kerangka rongsokan bekas mobil balap Ferrari. Mobil ini memiliki sejarah panjang. Itu sebabnya memiliki nilai atau harga jual yang sangat tinggi.

Rongsokan Mobil Bekas Terbakar Ini Dihargai Rp30 Miliar, Kok Bisa?

Rongsokan itu adalah Ferrari 500 Mondial Spider Series 1 garapan Pinin Farina dengan kode sasis 0406 MD lansiran tahun 1954. Ini merupakan salah satu model dari 13 unit contoh yang pernah dibuat oleh produsen asal Italia itu.

Namun, bentuknya sudah cukup hancur. Bahkan, bodinya hanya meninggalkan cat dasar tempaan bodi mobil. Kebakaran hebat yang terjadi pada mobil tersebut menjadi penyebab mobil penuh sejarah tersebut dalam kondisi yang sangat parah.

Rongsokan Mobil Bekas Terbakar Ini Dihargai Rp30 Miliar, Kok Bisa?

Sekadar informasi, mobil ini pernah digunakan oleh Ferrari untuk ajang balap kelas dunia. Mobil tersebut dikendarai oleh Franco Cortese yang berhasil finis di posisi ke-19 secara keseluruhan dan kedua di kelasnya pada 1954.

Melihat suksesnya, mobil ini dikirim ke Amerika Serikat untuk mengikuti perlombaan Evergreen Trophy di Pacific Raceways pada 1962. Setahun berikutnya, mobil ini dijual ke Stanley Surridge, dan mesinnya diganti dari empat silinder menjadi V8 .

Rongsokan Mobil Bekas Terbakar Ini Dihargai Rp30 Miliar, Kok Bisa?

Memiliki tenaga yang sangat besar, Ferrari 500 Mondial Spider Series 1 memiliki performa buas sehingga sulit dikendalikan. Pada 1960-an, mobil ini mengalami kecelakaan hebat hingga terbakar sepenuhnya.

Mobil rongsok penuh sejarah ini sempat dijual ke Welter Medin pada 1978, dan belum dilakukan perbaikan sama sekali. Ini membuat nilai sejarahnya sangat tinggi, dan ini juga bertujuan untuk menjaga nilai historis mobil tersebut


Bagi mereka yang khawatir tentang keaslian atau kelengkapan mobil, tempat lelang dapat memastikan pelat sasis mobil yang dikeluarkan pabrik. Selain itu, ada kotak persneling nomor yang cocok, mesin Mondial dari mobil lain (0440 MD), dan sudut poros belakang.

Semua ini menjadi alasan mengapa mobil Ferrari yang hancur total ini bisa menghasilkan angka yang tinggi. AFR.com mengatakan bahwa kemungkinan harganya bisa mencapai lebih dari USD2 juta atau setara Rp30 miliaran.

Dalam hal penilaian, RM Sotheby’s menjual Ferrari Mondial Spider 1954 lainnya yang juga digarap Pinin Farina dengan kondisi hampir sempurna, seharga 3.717.500 euro atau setaraRp55,9miliar.
(dan)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1641 seconds (0.1#10.140)