8 Tips Penting Merawat Vespa Tua, Mulai dari Mesin Hingga Bodi Motor

Senin, 10 Juli 2023 - 15:12 WIB
loading...
8 Tips Penting Merawat Vespa Tua, Mulai dari Mesin Hingga Bodi Motor
Vespa tua yang memiliki tampilan klasik membutuhkan perawatan khusus agar tetap kuat dan tampil prima. Foto/Scooter VIP
A A A
JAKARTA - Vespa tua yang memiliki tampilan klasik membutuhkan perawatan khusus agar tetap kuat dan tampil prima. Perawatan yang baik juga bisa mencegah potensi kerusakan mengingat beberapa bagian yang sudah dimakan usia.

Sejumlah tips merawat vespa tua penting untuk diketahui. Terutama bagi mereka yang saat ini sedang mengoleksi salah satu jenis dari kendaraan klasik ini.

Tidak melulu perawatan dengan pergantian kampas dan oli saja, merawat vespa tua ternyata memiliki cara sendiri. Terlebih perawatan khusus tersebut harus dilakukan secara berkala agar motor vespa tidak cepat rusak.

Berikut 8 tips merawat vespa tua agar tetap prima:


1. Cek Bahan Bakar

Selalu melakukan pengecekan terhadap bahan bakar. Jika sudah tidak digunakan dalam waktu yang lama, tangki bahar bakar menimbulkan kerak yang bisa menyumbat saluran pembakaran.



Cara terbaik yang dilakukan dengan menguras bensin jika motor tidak digunakan dalam jangka waktu satu bulan. Lebih dari itu, pengguna disarankan untuk selalu mengisi BBM dengan oktan tinggi.

2. Gunakan Oli Samping Berkualitas

Vespa tua nan klasik tentu masih menggunakan oli samping untuk proses pembakarannya. Untuk itu, penggunaan oli samping harus selalu diperhatikan agar mesin tetap lancar ketika digunakan di segala medan.

3. Cek Busi Secara Rutin

Busi memang menjadi salah satu komponen penting dalam setiap kendaraan, termasuk vespa. Busi pada vespa tua sering berkerak yang membuat motor terkadang sulit untuk dihidupkan.

Maka dari itu disarankan untuk pemilik vespa tua selalu mengecek dan membersihkan ujung busi menggunakan amplas. Sehingga pengapian berjalan bagus dan mesin mudah dihidupkan.

4. Rutin Ganti Oli Mesin

Mengganti oli mesin menjadi salah satu tips yang harus selalu dilakukan dalam rangka merawat motor tua. Meskipun tidak sering digunakan, penggantian oli mesin secara rutin harus dilakukan secara berkala untuk memastikan oli dapat melumasi komponen dengan baik.
Pemilik vespa tua juga disarankan untuk menghidupkan dan memanaskan mesin untuk mencegah oli mengendap. Jika sudah seperti itu, satu-satunya cara yakni mengganti oli mesin menjadi baru.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.3400 seconds (0.1#10.140)