Kebersamaan Toyota dan Subaru Disinyalir Akan Segera Berakhir

Jum'at, 14 Juli 2023 - 22:06 WIB
loading...
Kebersamaan Toyota dan Subaru Disinyalir Akan Segera Berakhir
Toyota dan Subaru . FOTO/ TMC
A A A
TOKYO - Sebuah laporan baru-baru ini datang dari Jepang, di mana kemitraan Toyota-Subaru untuk model kembar GR86/BRZ kemungkinan besar akan segera berakhir.



Seperti dilansir dari Mag-X Jumat (14/7/2023), Toyota saat ini sedang mengembangkan GR86 dengan mesin 1.4 liter segaris tiga silinder, dan kemungkinan akan dipasangkan dengan motor listrik sejalan dengan target netralitas karbon pabrikan.

Sementara itu, konfigurasi mesin depan penggerak roda belakang (FR) juga akan dipertahankan pada model GR86 terbaru.

Salah satu penyebab dihentikannya kerja sama dengan Subaru adalah engineer Tetsuya Tada sudah dikabarkan akan pensiun pada 2021, dan belum ada pengganti yang bisa melanjutkan proyek kolaborasi tersebut.

Laporan tersebut juga menyebutkan bahwa GR86 baru masih akan terus dibangun di pabrik Gunma Subaru, meskipun kembaran BRZ-nya mungkin tidak akan ditawarkan di masa mendatang (karena tidak adanya mesin boxer).

Laporan Mag-X ternyata bertolak belakang dengan apa yang dilansir majalah Jepang lainnya, Best Car.

Menurut situs Best Car, GR86 kabarnya akan menerima mesin tiga silinder dari GR Yaris dengan mempertahankan kapasitas 1.6 liter turbo dan menghasilkan tenaga hingga 300 hp.

Namun, karena platform yang ada sulit mengakomodasi mesin seperti itu tanpa perubahan besar pada arsitekturnya, model GR86 baru kemungkinan besar akan dibangun di atas platform Lexus IS.

Sedangkan Subaru akan tetap menjual model BRZ yang sudah ada.

Terlepas dari versi cerita yang keluar dari Jepang, kita semua tahu bahwa Toyota masih setia menawarkan sederet mobil sport untuk para petrolhead.
(wbs)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1836 seconds (0.1#10.140)