Merasakan Sensasi Trabasan di Karst Citatah dengan Honda CRF150L

Jum'at, 04 Agustus 2023 - 07:15 WIB
loading...
Merasakan Sensasi Trabasan di Karst Citatah dengan Honda CRF150L
Berbalut aktifitas safety riding off-road, pengalaman terabas melintasi area seperti KBA Cidadap, Geotheater Pranaraksa, Bukit Hawu, Guha Pawon, dan Stone Garden. Foto: AHM
A A A
BANDUNG - Ini baru pertama kalinya dicoba Sindonews: bermotor di jalur offroad hingga ke kawasan karst. Tepatnya, di Kampung Cidadap, Kecamatan Padalarang, Kabupaten Bandung Barat, Jawa Barat. Motornya ini: Honda CRF150L . Rutenya spesial sekali, karena punya banyak pemandangan indah, tanjakan dan turunan curam, serta tebing karst menjulang.

Ternyata memang ada alasan mengapa rute yang dipilih oleh PT Astra Honda Motor (AHM) dalam acara Safety Riding Offroad adalah kawasan sekitar Karst Citatah. Ternyata, Yayasan AHM ternyata punya sejumlah program sosial disana.

Dalam upaya pelestarian Karst Citatah, misalnya, Yayasan AHM dan anak perusahaan AHM mendukung kegiatan di wilayah Guha Pawon dan Stone Garden. Yakni berupa bantuan pembuatan sarana dan prasarana seperti gapura, papan informasi, petunjuk lokasi wisata, toilet, dan saung.

Selain itu, sejak 2017 juga dibentuk Kampung Berbudaya Lingkungan (Ecovillage) oleh FP2KC bersama AHM dan Yayasan AHM. Namanya Kampung Cidadap Berseri Astra Honda (KBA) Ecovillage.

“Kami mendukung kemandirian ekonomi dengan berbagai kegiatan sosial, bantuan prasarana, pembinaan masyarakat, hingga pemberdayaan UMKM (UMKM Keripik Kaca dan Pokdarwis Hawu Pabeasan),” tegas Ahmad Muhibbuddin, Ketua Yayasan AHM.

Langsung Disambut Tanjakan dan Turunan Terjal
Merasakan Sensasi Trabasan di Karst Citatah dengan Honda CRF150L

Kontur jalanan berbatu dan tanah menjadi kesenangan tersendiri saat menjajal ketangguhan CRF150L. Foto: AHM

Rombongan Safety Riding Offroad dengan Honda CRF150L yang dikemas dalam pengalaman terabas dimulai dari Hotel Mason Pine, Kota Baru Parahyangan, Bandung Barat.

Merasakan Sensasi Trabasan di Karst Citatah dengan Honda CRF150L

Sindonews dan rombongan jurnalis diberi perlengkapan lengkap, serta edukasi singkat berkendara motor trail.

Tak sampai 2 km berkendara di jalan aspal, rombongan langsung diajak masuk ke dalam jalur. Beberapa peserta cukup kaget dihadapkan rute tanah berbatu dan langsung menanjak. Maklum, beberapa belum sempat “kenalan” dengan motornya.

Merasakan Sensasi Trabasan di Karst Citatah dengan Honda CRF150L

Untungnya, tanjakan pertama dilibas tanpa kendala. Mesin berkapasitas 149 cc SOHC satu silinder Honda CRF150L yang mampu memproduksi 12,7 Hp di 8.000 rpm dan torsi 12,43 Nm pada 6.500 rpm itu terasa bertenaga.

Rute berlanjut melewati ilalang, rumput, dan kemudian turun cukup tajam. Nah, disini ada beberapa rider yang terjatuh. Bagi yang tidak terbiasa berkendara offroad, jalur menurun curam memang bisa bikin nyali ciut. ”Saat berhadapan di tanjakan atau turunan curam, rasanya antara takut tapi juga penasaran,” ungkap salah seorang rider.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1839 seconds (0.1#10.140)