3 Mobil Kuno Bung Karno Masih Terawat, Sesekali Dipakai Antar Pengantin

Selasa, 15 Agustus 2023 - 09:23 WIB
loading...
3 Mobil Kuno Bung Karno Masih Terawat, Sesekali Dipakai Antar Pengantin
Koleksi mobil Bung Karno di Surabaya. (Foto: Sony Hermawan/iNews TV)
A A A
SURABAYA - Seorang kolektor di Surabaya memiliki tiga unit mobil klasik yang dulu digunakan oleh sang proklamator, Soekarno . Yaitu, dodge limousine keluaran tahun 1946, olds mobile keluaran tahun 1959 dan chevrolet keluaran tahun 1963.

Selain itu, sang kolektor, Tjahjana Budiman, juga memiliki satu unit mobil yang dulu digunakan Gubernur Suryo, gubernur pertama Jawa Timur. Mobil tersebut berjenis dodge limousine keluaran tahun 1938.

Meski mobil-mobil ini sudah berusia puluhan tahun, mesin dan interiornya masih terawat dan dapat digunakan untuk berkendara. Bahkan, sesekali dipergunakan untuk acara seremoni pernikahan pasangan pengantin. "Mobil ini ya dipakai event-event, kadang tiap hari dipakai, dipakai acara wedding," ujarnya.



Di momen 17 Agustus tahun ini, Tjahjana Budiman bersama anggota Perhimpunan Penggemar Mobil Klasik Indonesia (PPMKI), lainnya menggelar acara peringatan HUT RI, dengan menunjukkan koleksi kendaraan lawas ke publik.

Diharapkan kegiatan yang digelar oleh PPMKI Jatim ini dapat menularkan spirit juang kepada generasi muda, sehingga mobil-mobil kuno ini bisa terawat berkesinambungan dari masa ke masa.



“Diharapkan dengan adanya upaya melestarikan aset sejarah negara ini bangsa Indonesia tidak akan tercerabut dari akar sejarah masa lalu, yakni negara Indonesia mendapatkan kemerdekaan melalui perjuangan, merdeka,” ujar Hiapy Suryakusuma, Ketua PPKMI Jatim.
(msf)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.7422 seconds (0.1#10.140)