Keren, Sistem Kontrol Lalu Lintas Cerdas di Kota Solo Raih Sertifikasi Penting

Selasa, 22 Agustus 2023 - 21:00 WIB
loading...
Keren, Sistem Kontrol Lalu Lintas Cerdas di Kota Solo Raih Sertifikasi Penting
ITCS buatan PT TKDN yang ada di kota Solo mendapat sertifikasi VV&E dari ITS Indonesia. Foto/DOK. TKDN.
A A A
JAKARTA - Intelligent Traffic Control System (ITCS) atau Sistem Kontrol Lalu Lintas Cerdas buatan PT Teknologi Karya Digital Nusa Tbk (PT TKDN) yang ada di kota Solo, Jawa Tengah berhasil mengantongi sertifikasi VV&E (Verifikasi, Validasi & Evaluasi). Sertifikasi tersebut merupakan penilaian yang dilakukan oleh Intelligent Transportation System Association of Indonesia (ITS Indonesia).

Hasil evaluasi menunjukkan bahwa sistem ITCS yang dibangun oleh PT Teknologi Karya Digital Nusa Tbk telah memenuhi standar yang telah ditetapkan oleh Kementerian Perhubungan. Selain itu ITCS yang sudah berjalan di kota Solo sudah sesuai dengan masterplan yang telah dimiliki oleh ITS Indonesia dalam pemenuhan teknologi yang tepat guna dan bermanfaat bagi masyarakat.

Sebagai smart city enabler di Indonesia, ITCS dari PT TKDN dapat membantu mengurai kemacetan di persimpangan lampu merah. Hal itu terjadi karena ITCS telah dilengkapi dengan teknologi AI Digital Twin 3D Generasi ke-5 dan teknologi AI Predictive Modelling.

Dari kelebihan itu, sistem secara otomatis akan mengoptimalkan waktu siklus lampu lalu lintas pada persimpangan untuk menghindari terjadinya kemacetan yang parah. Sistem ini juga memiliki fitur bus priority dimana transportasi publik bisa diprioritaskan untuk mendapat lampu hijau ketika melewati persimpangan.



Penyerahan sertifikat VV&E ini merupakan tonggak penting PT TKDN dalam pengembangan sistem ITCS. Sistem ITCS ini diharapkan dapat meningkatkan keselamatan lalu lintas, mengurangi kemacetan, dan meningkatkan efisiensi transportasi di perkotaan.

Kepala Bidang Lalu Lintas Dishub Solo, Ari Wibowo, menyampaikan apresiasinya kepada PT Teknologi Karya Digital Nusa Tbk atas kerja kerasnya dalam membangun sistem ITCS di Kota Solo. Dishub Solo juga berharap agar sistem ITCS ini dapat memberikan manfaat yang besar bagi masyarakat Kota Solo.

Sementara itu, Direktur Utama PT Teknologi Karya Digital Nusa Tbk, David Santoso, menyampaikan terima kasih atas dukungan banyak pihak dalam uji coba sistem ITCS di Kota Solo. David Santoso juga menyampaikan komitmennya untuk terus meningkatkan kualitas sistem ITCS agar dapat memberikan manfaat yang lebih besar bagi masyarakat.



“Saya berharap ITCS di kota Solo dapat menjadi contoh bagi kota-kota lain di Indonesia untuk tidak ragu mengembangkan sistem pengendalian lalu lintas yang lebih modern dan efisien apalagi teknologi ITCS kami sudah teruji serta dapat menyesuaikan dengan kondisi riil lalu lintas di Indonesia,” jelas David.

Lebih lanjut Direktur Utama PT TKDN juga mengunjungi Kantor Walikota Solo untuk melaporkan kegiatan sertifikasi VV&E tersebut serta uji coba sistem ITCS kepada Walikota Solo, Gibran Rakabuming Raka.

“Penerapan teknologi untuk mengurangi kepadatan lalu lintas ini sangat baik dilakukan sehingga dapat mendorong masyarakat untuk bermobilisasi menggunakan transportasi publik,” tutup Gibran.
(wsb)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1364 seconds (0.1#10.140)