4 Fakta Rangka eSAF Honda yang Viral Disebut Berkarat

Sabtu, 26 Agustus 2023 - 16:33 WIB
loading...
4 Fakta Rangka eSAF Honda yang Viral Disebut Berkarat
Rangka eSAF Honda viral di media sosial karena disebut mudah berkarat. Foto/Honda
A A A
JAKARTA - Rangka eSAF Honda belakangan viral di media sosial karena disebut mudah berkarat. Padahal, rangka skutik pada Honda ini diklaim memiliki banyak keunggulan dari bobotnya yang lebih ringan, kuat, efisien dan lebih bertenaga.

Rangka eSAF merupakan singkatan dari enhanced Smart Architecture Frame, yang artinya rangka arsitektur cerdas yang disempurnakan. Ini merupakan salah satu inovasi terbaru dari Honda yang digunakan pada beberapa motor matic seperti Genio, BeAT, Scoopy, dan Vario 160.

Namun, baru-baru ini rangka eSAF menuai banyak kritik dan kontroversi dari masyarakat. Hal itu terjadi karena ada beberapa kasus yang menunjukkan rangka eSAF mudah karatan, kropos, atau patah saat digunakan.

Berikut adalah beberapa fakta yang menarik diketahui dari rangka eSAF Honda.

Fakta Rangka eSAF Honda


1. Memiliki bentuk yang lebih sederhana


Rangka eSAF memiliki bentuk lebih sederhana dibanding rangka lain. Rangka eSAF dibuat dengan menggunakan lembaran pelat baja yang kemudian di-press dan dilas dengan alat las laser.



Berbeda dengan rangka motor lainnya yang menggunakan pipa yang dipotong dan dibentuk dengan banyak lekukan. Dengan demikian, rangka eSAF dapat mengurangi jumlah komponen, pengelasan, dan berat.

2. Dapat Menyesuaikan diri dengan berbagai suspensi


Lebih dari kata sederhana, rangka eSAF juga dapat menyesuaikan diri dengan berbagai jenis suspensi, ban, dan rem yang digunakan pada motor Honda. Rangka eSAF merupakan salah satu inovasi teknologi Honda yang bertujuan untuk meningkatkan kenyamanan, kelincahan, dan stabilitas berkendara.

3. Meningkatkan kapasitas bagasi


Rangka yang satu ini ternyata dapat meningkatkan kapasitas bagasi motor Honda hingga 50%. Hal ini karena rangka eSAF memiliki struktur yang lebih sederhana dan hemat bahan, sehingga dapat memberikan ruang yang lebih luas di dalam bodi motor.

Dengan begitu, Anda dapat menyimpan barang-barang dengan lebih mudah dan aman di dalam bagasi motor Honda. Rangka eSAF juga membuat motor Honda lebih ringan dan lincah, sehingga Anda dapat berkendara dengan lebih nyaman.

4. Sudah ada sejak tahun 2019


Rangka eSAF pertama kali digunakan pada skutik Honda Genio yang diluncurkan pada tahun 2019. Rangka eSAF kemudian digunakan juga pada beberapa model skutik Honda lainnya, seperti Honda Beat tahun 2000, Honda Scoopy akhir 2020, dan Honda Vario 160 di 2022.
(okt)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.6720 seconds (0.1#10.140)