Tak Khawatir Banyak Motor Listrik Mirip Vespa Elettrica, Piaggio: Artinya Kita Menginspirasi

Minggu, 27 Agustus 2023 - 19:00 WIB
loading...
Tak Khawatir Banyak Motor Listrik Mirip Vespa Elettrica, Piaggio: Artinya Kita Menginspirasi
Vespa Elettrica banyak ditiru oleh pabrikan motor listrik China bahkan jauh sebelum model tersebu resmi dibawa ke Indonesia. Foto: PID
A A A
JAKARTA - Sebelum Piaggio Indonesia memboyong skuter listrik Vespa Elettrica di GIIAS 2023, sudah banyak merek motor listrik asal China yang masuk ke Indonesia. Bahkan, banyak juga yang tidak malu-malu mencontek desain Vespa.

Seperti diketahui, Vespa sendiri adalah merek kendaraan roda dua yang kental akan sejarahnya. Desain ikonik dan tak lekang dimakan usia, serta merek yang mendunia membuat sejumlah merek motor listrik asal China meniru bentuknya.

Melihat fenomena itu, PR and Communications Manager PT Piaggio Indonesia (PID) Ayu Hapsari mengaku pihaknya tak ambil pusing. Sebab, mereka yang meniru tak memengaruhi merek Vespa yang memiliki ciri khas tersendiri.

“Kalau bicara kendaraan yang mirip dengan Vespa, tidak hanya kendaraan listrik, ada juga yang versi bensin. Ada yang mirip-mirip lah, artinya kita begitu menginspirasi,” kata Ayu saat ditemui di kawasan Senayan, Jakarta Pusat, Kamis (24/8/2023).

Menurut Ayu, motor listrik yang meniru desain Vespa juga memiliki material yang berbeda jika dibandingkan produk yang dipasarkan oleh PID. Oleh sebab itu, PID tidak ingin mempermasalahkan hal tersebut dan menyerahkannya kembali ke konsumen.

“Saya tidak bisa berkomentar. Tapi, kita yakin teman-teman (media) bisa membedakan mana yang asli dan tidak. Kalian bisa membedakan Elettrica ini dengan buatan yang lain. Saya juga sudah melihat sendiri, dan memang beda,” ujarnya.

Sekadar informasi, PID resmi menjual motor listrik Vespa Elettrica yang berstatus CBU alias diimpor langsung dari Italia. Skuter listrik ini dibanderol dengan harga Rp198 juta on the road (OTR) Jakarta.

Ayu menegaskan bahwa Vespa Elettrica punya teknologi terkini yang tidak ditemukan pada merek lain. Teknologi tersebut yang membuat harga skuter listrik ini memiliki harga yang cukup tinggi.

“Vespa Elettrica itu punya teknologi yang namanya VMS (Vehicle Management System), ini adalah teknologi yang mengatur semuanya di dalam motor. Ini juga yang buat Vespa Elettrica punya harga yang mahal,” ucapnya.



Indonesia merupakan negara pertama di Asia Pasifik yang meluncurkan dan menjual Vespa Elettrica. Ayu menjelaskan itu karena Indonesia memiliki basis penggemar Vespa terbesar kedua di dunia.

“Karena kita punya antusias fan base, Indonesia itu fans terbesar kedua Vespa di dunia. Kita sangat dicintai, makanya Vespa World Day akhirnya ada di Asia, pertama di Indonesia,” ungkap Ayu.
(dan)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2992 seconds (0.1#10.140)