3 Tips Rawat Rangka Mobil agar Tidak Mudah Keropos

Senin, 28 Agustus 2023 - 17:03 WIB
loading...
3 Tips Rawat Rangka Mobil agar Tidak Mudah Keropos
Tips merawat rangka mobil perlu diperhatikan pemilik kendaraan. Foto/Auto2000
A A A
JAKARTA - Tips rawat rangka mobil perlu diketahui oleh setiap pengendara. Hal ini penting agar mobil tidak mudah berkarat dan keropos nantinya. Selain itu, tampilan mobil juga akan tampak bersih dan baru.

Masalah karat dan keropos pada mobil ini memang sering kali dialami oleh mobil yang telah berumur. Faktor usia bukanlah satu-satunya penyebab mobil menjadi berkarat ataupun keropos.

Kelalaian penggunanya terhadap perawatan mobil di bagian rangka juga menjadi salah satu faktor karat timbul pada mobil. Sehingga, mobil baru pun akan tetap ada kemungkinan terjadikaratan.

Untuk itu, tips merawat rangka mobil supaya tidak keropos ini sebaiknya jangan disepelekan. Simak ulasannya.

Tips Rawat Rangka Mobil

1. Memasang Anti Karat


Memasang anti karat ini bisa jadi cara paling efektif dalam mencegah karat atau keropos pada chasis mobil. Saat ini telah banyak produk-produk anti karat yang dijual di pasaran untuk mencegah pengkaratan pada mobil. Dengan menggunakan anti karat ini setidaknya mobil akan jauh lebih awet.


2. Rajin Mencuci Mobil


Tips merawat rangka mobil yang pertama adalah dengan rajin mencuci mobil, terlebih bila mobil baru saja digunakan di jalanan berlumpur atau terkena hujan. Sebab lumpur dan genangan air merupakan sumber utama karat di kolong mobil.

Apabila sulit untuk membersihkan kolong mobil sendiri, gunakanlah jasa pencucian mobil yang telah banyak tersedia.

3. Melakukan Pengecekan Berkala


Setiap bulan pastikanlah untuk meluangkan waktu untuk melakukan pengecekan mobil secara berkala. Apabila terlihat adanya karat yang menempel di bagian mobil cepatlah bersihkan sebelum menyebar.

Cara untuk membersihkan karat ini bisa dengan melapisi bagian karat dengan menggunakan campuran air dan baking soda, atau dengan melakukan pengikisan menggunakan besi.
(okt)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1609 seconds (0.1#10.140)