Ternyata Ini Alasan Mengapa Hyundai Stargazer X Gunakan Rem Cakram di Belakang

Rabu, 30 Agustus 2023 - 21:51 WIB
loading...
Ternyata Ini Alasan Mengapa Hyundai Stargazer X Gunakan Rem Cakram di Belakang
Hyundai Stargazer X juga menggunakan rem cakram di roda bagian belakang. Foto: Sindonews/Muhamad Fadli Ramadan
A A A
YOGYAKARTA - PT Hyundai Motors Indonesia (HMID) baru saja merilis Hyundai Stargazer X sebagai model baru di GIIAS 2023. Sejumlah perubahan dihadirkan untuk membedakan dengan Stargazer yang sudah beredar sebelumnya.

Stargazer X dihadirkan berdasarkan permintaan konsumen terhadap mobil crossover yang tangguh dan bisa dipakai di medan offroad ringan. Maklum, belakangan mobil model crossover ini sangat diminati konsumen Indonesia. Ada Xpander Cross, Honda BR-V, hingga Suzuki XL7.

Oleh sebab itu, dibutuhkan berbagai komponen yang dapat menunjang kinerjanya seperti sistem pengereman yang mumpuni. HMID memutuskan untuk memasang rem cakram pada depan dan belakang di Stargazer X. Yang mana pada Stargazer hanya menggunakann pengereman cakram di bagian depan saja.

Bonar Pakpahan, Product Expert Assistant Manager PT HMID, mengatakan bahwa ini merupakan sebuah penyempurnaan. Mengingat ada keunggulan dari penggunaan rem cakram di bagian belakang.

“Penggunaan rem cakram dia punya kemampuan melepas panas lebih baik. Rem itu bekerja menjepit piringan cakram secara intens sehingga akan menghasilkan panas. Apalagi ketika ditahan,” kata Bonar saat ditemui di Solo, Jawa Tengah, belum lama ini.

“Dengan pemakaian piringan cakram, panas yang dihasilkan dari proses tersebut bisa lebih cepat terbuang. Sementara musuh dari kemampuan pengereman yang baik adalah panas berlebih atau terlalu tinggi,” sambungnya.

Ternyata Ini Alasan Mengapa Hyundai Stargazer X Gunakan Rem Cakram di Belakang

Penggunaan rem cakram pada depan dan belakang juga untuk memaksimalkan fitur Electronic Brake Distribution (EBD). Bonar menjelaskan bahwa perangkat tersebut hanya dapat bekerja apabila seluruh sistem pengereman menggunakan disk.

“Selain faktor diferensiasi, fungsi lainnya dari penggunaan rem cakram belakang adalah seperti itu. Sedikit meningkatkan peforma pengereman dari Stargazer, terutama fitur keselamatan, seperti EBD. Untuk bisa mengaplikasikan teknologi EBD itu harus menggunakan cakram. Itu sepemahan saya,” ujarnya.



Sekadar informasi, Hyundai Stargazer X mengalami beberapa perubahan seperti tampilannya yang dibuat lebih gagah. Selain itu, mobil ini memiliki ground clearence yang lebih tinggi untuk melibas meda sulit di jalanan Indonesia.

“Pertama kalau kita bicara kosmetik jelas berubah ya. Bumper, grill, cap mesin, over fender. kalau bicara suspensi, tidak ada perubahan. Kecuali, velgnya dari ring 16 jadi ring 17. Perubahan velg itulah yang membuat ground clearance-nya naik dari 195 mm jadi 200 mm,” ucap Bonar.
(dan)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2602 seconds (0.1#10.140)