Pria Ini Bikin Tank Tempur dari Kayu, Begini Bentuknya

Selasa, 05 September 2023 - 16:24 WIB
loading...
Pria Ini Bikin Tank Tempur dari Kayu, Begini Bentuknya
tank dari kayu demi rasa sayangnya buat sang anak yang tergila-gila pada permainan World of Tanks. FOTO/ AUTOPRO
A A A
HANOI - Truong Van Dao , kreator konten dari Vietnam baru-baru ini membuat kejutan karena menghadiahkan anak laki-lakinya sebuah tank yang terbuat dari kayu. Tank tersebut diberikan karena sang anak tengah tergila-gila pada permainan World of Tanks.



Dalam permainan itu terdapat satu tank tempur buatan Swedia yang sangat disukai anaknya takni STRV 103. "Anak saya ingin mainan yang tidak bisa hancur. Jadi saya bikin tank tersebut," ujar Truong Van Dao dikutip Autopro, Selasa (5/9/2023) ini.

Tank tempur STRV 103 diketahui merupakan salah satu tank tempur yang sangat legendaris dan unik. Tank tempur dari Swedia itu dikategorikan sebagai Main Battle Tank (MBT).

Satu ciri khas yang sangat mencolok adalah tank tempur itu sama sekali tak memiliki turet.
Otomatis, saat hendak mengarahkan meriam ke sasaran, tank tersebut harus melakukan gerakan pivot atau gerakan memutar dengan mengandalkan gerakan roda tracknya.

Nah dari keistimewaan itu akhirnya Truong Van Dao ingin membuat STRV 103 dari kayu. Apalagi dimensi STRV 103 juga sangat kompak untuk sebuah tank tempur.

Dimensi STRV 103 disebutkan Autopto cukup kecil, tingginya hanya 2,13 meter dan ketinggian meriam hanya 1,67 meter di atas permukaan tanah. Jadi bahan yang dibutuhkan oleh Truong Van Dao tidak akan terlalu banyak.

Hanya saja dia tidak benar-benar membuat tank tersebut seluruhnya dari kayu. Dia masih memanfaatkan besi dan beberapa roda untuk dijadikan platform tank tersebut.

Dia menggunakan rangka baja yang dipasang pada sistem crawler untuk menjadi fondasi tangki kayu. Struktur dasar ini kemudian dilengkapi dengan motor listrik yang bisa menggerakkan sejumlah ban yang dipasang di tank tempur dari kayu itu.

Setelah sasis jadi, Truong Van Dau kemudian membuat body tank tempur tersebut dari kayu. Dia juga memasang sistem hidrolik di tank tersebut agar anaknya bisa dengan mudah naik ke tank tempur tersebut.

Tidak hanya itu, Truong Van Dau juga memastikan agar tank tempur dari kayu itu bisa berjalan dengan baik. Jadi STRV 103 buatannya bisa bergerak maju, mundur, memanjat trotoar dan berjalan di atas rumput.

Meski tak bisa menaiki tangga, namun sensasi mengendarai STRV 103 besutan buatan Truong Van Dau tak kalah dengan tank tempur sungguhan. Setidaknya sangat sepadan dengan waktu 90 hari yang dia habiskan untuk membuat tank tempur dari kayu itu.
(wbs)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1857 seconds (0.1#10.140)