Mozilla Ungkap Ada 25 Mobil yang Kepo dengan Obrolan Seks

Kamis, 07 September 2023 - 21:24 WIB
loading...
Mozilla Ungkap Ada 25 Mobil yang Kepo dengan Obrolan Seks
Mozilla Ungkap Ada 25 Mobil yang doyan nguping obrolan seks. FOTO/ DAILY
A A A
BERLIN - Dalam investigasi yang dilakukan Mozilla menyebut setidaknya ada 25 merek mobil yang mampu mendengarkan untuk ingin tahu (Kepo) soal obrolan seks pemiliknya.



Laporan menemukan bahwa pabrikan otomotif dapat mengumpulkan dan membagikan data yang sangat pribadi, termasuk aktivitas seksual, ekspresi wajah, serta informasi genetik dan kesehatan.

Mirisnya lagi, data-data tersebut disebut dapat dijual kepada pihak ketiga, sebagaimana dihimpun dari Metro, Kamis (7/9/2023).

Dalam kasus Kia, kebijakan privasinya secara khusus menyatakan bahwa mereka dapat mengumpulkan informasi tentang ras, etnis, keyakinan agama atau filosofi, orientasi seksual, kehidupan seks, dan opini politik pengguna.

Selain mengumpulkan berbagai macam data pribadi, separuh dari produsen yang dinilai akan berbagi informasi dengan pemerintah atau penegak hukum sebagai tanggapan atas permintaan, bukan atas perintah pengadilan.

Dalam kasus Nissan, pengguna di AS harus bersiap untuk mengumpulkan data termasuk nomor SIM, nomor identifikasi nasional atau negara bagian, status kewarganegaraan, status imigrasi, ras, asal negara, keyakinan agama atau filosofi, orientasi seksual, aktivitas seksual, geolokasi yang tepat, data diagnosis kesehatan, dan informasi genetik.

Mozilla secara rutin melakukan survei Privasi Tidak Termasuk (PNI), menyelidiki perusahaan dan layanan untuk membantu konsumen melindungi data mereka.

Ke-25 merek yang dinilai dalam survei terbaru ini menerima nilai gagal dalam hal privasi konsumen, yang merupakan kegagalan pertama dalam tujuh tahun sejarah panduan ini.

"Banyak orang menganggap mobil mereka sebagai ruang pribadi, melakukan percakapan pribadi dengan anak Anda dalam perjalanan ke sekolah, menangis karena putus cinta, atau berkendara ke tempat yang mungkin tidak Anda inginkan," kata Direktur Program PNI Jen Caltrider.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1132 seconds (0.1#10.140)