Masalah Tersembunyi Ketika Punya Mobil Listrik: Tidak Ada Pilihan Bengkel Non Resmi

Selasa, 19 September 2023 - 07:06 WIB
loading...
Masalah Tersembunyi Ketika Punya Mobil Listrik: Tidak Ada Pilihan Bengkel Non Resmi
Bengkel mobil listrik non resmi saat ini sangat sulit dicari, bahkan kedepannya pun akan seperti itu. Foto: Sindonews/Danang Arradian
A A A
JAKARTA - Pemilik mobil listrik bakal dibebani biaya perawatan lebih murah ketimbang mobil konvensional. Apakah fakta atau ilusi?

Mobil listrik selalu digadang-gadang memiliki biaya perawatan jauh lebih murah ketimbang mobil konvensional. Hal itu didasari pada kondisi mobil listrik yang sangat jauh berbeda dibanding mobil konvensional. Misalnya, komponen mobil listrik yang lebih sedikit dan jauh lebih sederhana dibandingkan mobil konvensional. Alhasil, secara logika biaya perawatannya jauh lebih terjangkau.

Hanya saja menurut Autoproa da beberapa hal yang perlu dipikirkan oleh pemilik mobil listrik dalam urusan perawatan. Yakni kehadiran bengkel non resmi. Saat ini masyarakat pasti sudah tahu bahwa melakukan perawatan mobil di bengkel resmi akan jauh lebih mahal ketimbang di bengkel non resmi.

Jadi tidak heran jika banyak pemilik mobil lebih memilih merawat mobil mereka di bengkel-bengkel umum setelah masa garansi selesai.

Hanya saja hal itu akan terasa jauh berbeda dengan mobil listrik. Autotpro menyebutkan bengkel-bengkel umum yang dimiliki oleh pihak swasta masih belum mau berinvestasi membuat bengkel umum mobil listrik.

Sebab, investasi untuk membuat bengkel umum mobil listrik sangat besar dan rumit. Belum lagi investasi terhadap pelatihan mekanik yang juga butuh waktu yang cukup lama.

Banyak mobil listrik baru saat ini memiliki sistem baterai 400 dan 800 volt yang dapat mematikan dan berbahaya jika ditangani secara tidak tepat oleh teknisi yang tidak terlatih.

Selain risiko sengatan listrik, pekerjaan pemecahan masalah kendaraan tanpa emisi juga memiliki risiko kebakaran. Apalagi jika terjadi ledakan yang disebabkan oleh panas berlebih pada baterai lithium.

Untuk memadamkan apinya saja akan sangat sulit jika tidak memiliki peralatan dan keterampilan yang cukup. Oleh karena itu, pemilik bengkel mobil umum saat ini menghadapi teka-teki tentang potensi penyediaan layanan pemeliharaan dan pemecahan masalah kendaraan listrik, terutama di kota-kota kecil.

Selain itu dari segi populasi, pemilik bengkel umum juuga masih melihat investasi di bengkel umum mobil listrik bukan bisnis yang menguntungkan.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2166 seconds (0.1#10.140)