X-Wedge, Moge China yang Bikin Harley-Davidson Ketar Ketir

Selasa, 19 September 2023 - 10:28 WIB
loading...
X-Wedge, Moge China yang Bikin Harley-Davidson Ketar Ketir
X-Wedge menggunakan mesin V-Twin yang setara dengan mesin Harley-Davidson. Foto: Rideapart
A A A
JAKARTA - Harley-Davidson bakal ketar-ketir dengan motor baru besutan China bernama X-Wedge . Sebab, motor X-Wedge ini benar-benar terasa seperti Harley-Davidson rasa China.

Industri otomotif China, terutama roda dua, benar-benar berkembang pesat. Kejutan terbaru, China kini justru punya merek otomotif roda dua bernama X-Wedge.

Menariknya X-Wedge justru mengincar segmen motor hobi dengan mesin dan desain motor besar. Ya, X-Wedge bakal berada dalam kolam yang sama dengan motor gede legendaris dari Amerika Serikat, Harley-Davidson.

Rideapart, Selasa (19/9) menyebutkan X-Wedge pertama kali dirilis pada 9 September 2023 lalu di ajang Moexpo Trade Fair 2023, China. Tidak hanya meresmikan merek, X-Wedge bahkan langsung merilis lima model moge yang benar-benar mencuri perhatian.

X-Wedge, Moge China yang Bikin Harley-Davidson Ketar Ketir

Kelimanya adalah Ranger RX2000, Rover RL2000, Walker WR1000, Voyager VS2000, dan Vanguard VT2000. "X-Wedge adalah brand baru yang dimiliki Huansong Industrial Group yang sudah berjalan sejak 1988," sebut Rideapart.

Tidak bisa dipungkiri X-Wedge memang sangat kuat dengan cita rasa motor gede yang juga ditawarkan oleh Harley-Davidson. Apalagi motor-motor buatan X-Wedge juga dilengkapi dengan mesin bersilinder besar.

Mesin itu justru diambil dari perusahaan Amerika, S&S Cycle. Diketahui S&S Cycle bukan nama yang asing buat penggemar Harley-Davidson. Perusahaan Amerika Serikat itu merupakan penyedia mesin dan komponen after market buat Harley-Davidson.

Jadi performa motor gede X-Wedge tidak perlu diragukan. Ambil contoh X-Wedge Ranger RX2000 yang di atas kertas dilengkapi dengan mesin V-Twin dengan kapasitas silinder 2,0 liter.

X-Wedge, Moge China yang Bikin Harley-Davidson Ketar Ketir

Mesin itu bisa menggelontorkan tenaga sebesar 103 daya kuda dan torsi maksimal 158 Nm. Sama dengan tenaga yang dimiliki oleh Harley-Davidson Dyna Street Bob.

Untuk pasar China, X-Wedge memang membuat kelima motor tersebut tampil berbeda. Masing-masing menyesuaikan dengan kebutuhan yang ada. Misalnya X-Wedge Walker WR1000n yang tampil dengan gaya Can-Am.



Begitu juga dengan X-Wedge VS2000 yang justru jadi motor gede tandem. Jadi konsumen tinggal memilih motor gede mana yang mereka sukai. Sayangnya menurut Rideapart X-Wedge belum merilis harga resmi kelima motor gede itu. Selain itu belum ada informasi yang menyebutkan apakah X-Wedge akan dijual di luar wilayah China.

Tentu jika bisa dipasarkan di luar China, X-Wedge akan jadi pilihan menarik selain Harley-Davidson yang terlalu lama mendominasi pasar motor gede pejalan jauhataucruiser.
(dan)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2129 seconds (0.1#10.140)