Bus Tingkat Baru Rosalia Indah Gunakan Bodi Anyar Karoseri Laksana

Minggu, 24 September 2023 - 20:54 WIB
loading...
Bus Tingkat Baru Rosalia Indah Gunakan Bodi Anyar Karoseri Laksana
Perusahaan otobus (PO) Rosalia Indah menghadirkan armada bus tingkat baru dari karoseri Laksana. Foto/Tangkapan Layar Instagram
A A A
JAKARTA - Perusahaan otobus (PO) Rosalia Indah menghadirkan armada bus tingkat baru dari karoseri Laksana. Bus double decker ini menggunakan bodi terbaru dari SR3 series yang diluncurkan pada ajang GIIAS 2023 pada Agustus lalu.

Tampilan bus tingkat ini menggunakan livery khas perusahaan otobus asal Solo, Jawa Tengah, mengusung perpaduan warna oranye, biru, merah, kuning, dan putih. Tulisan Rosalia Indah dan logi ri juga terpasang pada bodi samping, depan, dan belakang, sebagai identitas bus tersebut.

Selebihnya, tampilan bus tingkat ini dibuat sederhana untuk membuat desain terbaru SR3 Double Decker menonjol. Perubahan pada bodi Legacy SR3 Double Decker terlihat pada bando atau sekat pemisah kaca depan.



Karoseri Laksana memutuskan untuk menghapusnya untuk membuat bus terkesan lebih tinggi. Pada bagian depan, cowel SR3 Double Decker juga terlihat berbeda dengan dibuat lebih tegas dan tidak memiliki lubang untuk baut ban serep.

Pada bagian samping juga dibuat lebih minimalis tanpa banyak aksesoris. Tampilan ini memberikan kesan elegan pada bus. Tak ada aksesoris tambahan di sisi samping demi memberikan pandangan yang lebih luas kepada penumpang.

Untuk bagian belakang, terlihat perbedaan dengan tambahan lampu di pada ujung kanan-kiri yang menunjukkan ketinggian bus. Perubahan juga terlihat pada lubang air intake di kap mesin yang dibalut dengan warna hitam.

Pada bagian dalam, terdapat dua kabin sleeper pada dek bawah dan enam kursi kelas super eksekutif dengan konfigurasi 2-1. Sedangkan pada bagian atas terdapat kelas eksekutif 30 kursi dengan konfigurasi 2-2.



Setiap kursi juga disediakan AVOD (Audio Video On Demand), colokan, USB port, leg rest, bantal dan selimut, serta reclining seat. Terdapat juga toliet yang cukup luas di dek bawah yang dapat digunakan untuk buang air kecil saat bus berjalan.

PO Rosalia Indah memilih sasis Scania K410iB untuk menopang bodi SR3 Double Decker dari karoseri Laksana. Namun, Belum ada keterangan bus tingkat baru ini digunakan untuk trayek mana.
(wib)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2241 seconds (0.1#10.140)