Mobil Terbang Curi Perhatian di Detroit Auto Show, Langsung Panen Pesanan

Rabu, 27 September 2023 - 11:16 WIB
loading...
Mobil Terbang Curi Perhatian di Detroit Auto Show, Langsung Panen Pesanan
Alef Aeronautics telah menerima 2.800 pesanan mobil terbang untuk Model A. (Foto: Alef Aeronautics)
A A A
JAKARTA - Mobil terbang karya perusahaan start-up Alef Aeronautics berhasil menyita perhatian pengunjung di Detroit Auto Show 2023. Mobil konsep ini akan diproduksi secara massal dengan harga terjangkau pada 2025.

Prototipe model A mobil terbang berbentuk melengkung mirip UFO dengan kompartemen seperti gelembung untuk dua penumpang.

Dikutip dari Robb Report, Rabu (26/9/2023), Alef Aeronautics adalah salah satu dari setengah lusin pabrikan di AS, Eropa, dan Asia yang berencana meluncurkan mobil terbang di jalan raya dalam beberapa tahun ke depan. Di antaranya, ada Pal V Liberty, Samson Switchblade, Aska A5, Klein Vision AirCar, dan Doroni H1.

Meskipun desain eksterior Model A dipamerkan di Detroit Auto Show 2023, namun mobil konsep ini belum bisa dikendarai, terbang, atau terbuka untuk memperlihatkan kabin penumpang. “Ini masih belum versi konsumen final,” kata CEO Alef Aeronautics Jim Dukhovny. “Tetapi pada titik ini, jaraknya sudah cukup dekat.”



Bagian bawah bodi mobil Model A yang berwarna biru membungkus keempat bannya, masing-masing dengan motor tersendiri untuk mode berkendara mobil terbang. Kemudian, jaring serat karbon berwarna perak dan ringan melapisi delapan baling-balingnya, masing-masing dengan sistem propulsi listrik independen yang dikontrol perangkat lunak untuk berputar pada kecepatan berbeda untuk redundansi dan kontrol.

Mobil konsep ini berukuran panjang sekitar 17 kaki, lebar tujuh kaki, dan tinggi enam kaki, mirip dengan dimensi SUV, yang dirancang agar muat di tempat parkir atau garasi.

Dukhovny mengatakan mesin tri-modal, yang dapat melaju, lepas landas secara vertikal, dan terbang maju, dapat menempuh jarak 200 mil di jalan raya dan 110 mil dalam penerbangan.

Lantaran ditujukan untuk masyarakat umum, Dukhovny mengatakan cara mengemudikan mobil terbang cukup mudah. “Saya bisa mengajari Anda cara terbang dan mengemudikannya dalam waktu sekitar 15 menit atau kurang,” katanya.

Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.7811 seconds (0.1#10.140)