Spesifikasi Aurus, Rolls-Royce versi Rusia yang Dipamerkan Putin ke Kim Jong-un

Rabu, 27 September 2023 - 16:26 WIB
loading...
Spesifikasi Aurus, Rolls-Royce versi Rusia yang Dipamerkan Putin ke Kim Jong-un
Rolls-Royce versi Rusia Aurus yang dipamerkan Putin ke Kim Jong-un. (Foto: Viewusglobal)
A A A
JAKARTA - Kedatangan Kim Jong-un untuk bertemu dengan Vladimir Putin di Rusia, beberapa waktu lalu, menarik perhatian dunia. Selain teka-teki pembicaraan kedua pimpinan dunia itu, pernak-pernik lain di balik pertemuan keduanya menyeruak, seperti “benteng bergerak” yang dibawa Putin hingga mobil Aurus yang dipamerkan Putin ke Kim Jong-un.

Pertemuan puncak antara Putin dan Kim Jong-un berlangsung di Vostochny Cosmodrome di wilayah Amur, sekitar 621 mil jauhnya dari Vladivostok.

Putin yang datang lebih dulu untuk menyambut Kim Jong-un, secara pribadi memperkenalkan kendaraannya. Keduanya diketahui sempat ngobrol panjang lebar soal mobil tersebut.

Kim Jong-un tiba di pertemuan tersebut dengan limusin Maybach yang dibawa kereta api lapis baja pribadinya. Kendaraan yang menyambutnya adalah merek mewah Rusia 'Aurus', limusin buatan khusus yang dikenal sebagai model 'Senat'. Kim Jong-un memeriksa mobil dari luar dan bahkan duduk di kursi belakang. Putin secara pribadi memperkenalkan fitur Senat bersama dengan model lainnya.



Rolls-Royce versi Rusia

Biaya produksi Aurus disebut-sebut sekitar USD1,5 miliar atau setara Rp21,7 miliar. Setelah menjabat, Putin menugaskan Aurus membuat limusin khusus untuk bersaing dengan kendaraan resmi presiden AS, Cadillac One. Mobil yang lahir dari permintaan ini adalah Senat Limousine.

Merek yang memproduksi kendaraan tersebut, Aurus, dikenal sebagai merek mobil mewah pertama di Rusia. Aurus adalah kata majemuk yang berasal dari 'Aurum', yang berarti emas dalam bahasa Latin, dan tiga huruf pertama dari bahasa Rusia. Sejak Putin pertama kali menggunakannya saat pelantikannya, negara telah menyediakan kendaraan Aurus setiap kali dia mengunjungi negara asing atau pemimpin asing mengunjungi Rusia.

Selain Senat yang hadir hari itu, beberapa kendaraan merek Aurus juga digunakan sebagai kendaraan dinas presiden Rusia.
Institut Penelitian Otomotif Nasional di Moskow menangani langsung desain kendaraan, dan Cortez memproduksinya dengan suku cadang buatan Rusia.

Aurus Senat Limousine dilengkapi dengan berbagai bahan antipeluru seberat 15.873 pon. Panjang mobil tersebut adalah 276 inci dan nilainya sekitar 12,4 miliar rubel (USD1,5 miliar).
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2760 seconds (0.1#10.140)