Komparasi Chery Omoda 5 GT VS Honda HR-V, Mana yang Lebih Unggul?

Sabtu, 30 September 2023 - 06:51 WIB
loading...
Komparasi Chery Omoda 5 GT VS Honda HR-V, Mana yang Lebih Unggul?
Chery Omoda 5 GT memberikan perlawanan keras terhadap All New Honda HR-V Turbo RS dengan harga lebih terjangkau. Foto: ist
A A A
JAKARTA - Chery Omoda 5 GT punya tenaga induksi turbo yang bikin kompetitor terkuatnya saat ini, Honda HR-V kelabakan. Seperti apa perbandingannya?

PT Chery Sales Indonesia resmi merilis resmi varian terbaru Chery Omoda, yakni Chery Omoda 5 GT. SUV kompak baru berbendera China itu hadir dengan banyak teknologi baru yang cukup mencengangkan.

Beberapa kelebihan yang dimiliki Chery Omoda 5 GT bahkan bisa bikin penguasa segmen SUV kompak, Honda HR-V, panas dingin. Ini wajar, mengingat Chery Omoda 5 GT memiliki kelengkapan yang memang seolah ingin menikam Honda HR-V. Keduanya sama-sama punya teknologi induksi turbo.

Lalu bagaimana sih perbandingan di antara keduanya? Daripada penasaran cermati di bawah ini?

1. Mesin Turbo

Honda HR-V punya varian bermesin turbo, yakni Honda HR-V Turbo RS. Begitu juga dengan Chery Omoda 5 GT yang punya teknologi sama. Rekayasa bantuan itu bisa mengatrol tenaga mobil jadi lebih besar. Hanya saja, diatas kertas turbo yang ada di Chery Omoda 5 GT lebih perkasa. Sebab, bisa menggelontoran tenaga sebesar 197 daya kuda dan torsi maksimal 297 Nm.

Tenaga itu jauh lebih besar dibanding Honda HR-V Turbo RS yang hanya ada di 177 PS atau 174 daya kuda dan torsi maksimal 240 Nm. Perbedaan itu terjadi karena Chery Omoda 5 GT memiliki kapasitas silinder mesin yang lebih besar yakni 1,6 liter. Beda dengan Honda HR-V Turbo RS yang hanya 1,5 liter.

2. All Wheel Drive
Komparasi Chery Omoda 5 GT VS Honda HR-V, Mana yang Lebih Unggul?

Chery Omoda 5 GT bikin kejutan karena memberi dua opsi tenaga penggerak FWD atau penggerak roda depan dan All Wheel Drive atau penggerak empat roda permanen.

Konsumen jadi bisa menyesuaikan keinginan mereka dalam memanfaatkan kelebihan dinamika mobil. Bagi mereka yang ingin membawa mobil China itu ke berbagai medan jalan dengan tenang bisa memiliki varian AWD. Bahkan, kalau mau mobil ini bisa dibawa di jalan offroad ringan. Sementara Honda HR-V Turbo RS hanya memiliki sistem penggerak roda depan atau FWD.

3. Mode Berkendara

Mode berkendara jadi jualan mobil SUV kompak. Nah, Chery Omoda 5 GT baru memiliki enam mode berkendara yakni Eco, Normal, Sport, Gravel, Mud, dan Offroad. Sebaliknya Honda HR-V Turbo RS memiliki tiga mode brkendara saja yakni Sport, Normal, dan Econ.

4. Airbags

Di bagian ini Chery Omoda 5 GT dan Honda HR-V Turbo RS terbilang seimbang karena keduanya memiliki enam buah airbags. Honda HR-V sudah mendapat nilai pengujian keamanan lima bintang dari Asean NCAP. Sebaliknya Chery Omoda 5 GT juga mendapatkan nilai pengujian keamanan lima bintang dari Australian NCAP.

5. Head Unit

Head unit Chery Omoda 5 GT memiliki ukuran yang sangat besar 12 inci. Hal itu terjadi karena head unit digital berpadu dengan panel indikator yang ada di balik palang kemudi. Tampilannya moderen dan futuristis karena tampilan LED. Sementara head unit 8 inci di Honda HR-V Turbo RS masih terasa konvensional karena masih terlalu generik dengan head unit yang ada di pasaran.

6. ADAS

Di bagian ini Honda HR-V dan Chery Omoda 5 GT sama-sama berlimpah Advance Drive Assist System (ADAS). Jadi berbagai teknologi keamanan yang sangat canggih dapat ditemui di dua SUV kompak ini.

7. Voice Command

Chery Omoda 5 GT unggul di bagian ini karena memang memiliki teknologi perintah suara atau Voice Command. Beberapa hal bisa dilakukan di mobil ini dengan hanya melakukan perintah suara. Termasuk untuk membuka bagasi mobil. Sayangnya Voice Command tidak dimiliki oleh Honda HR-V Turbo RS.


8. Harga
Komparasi Chery Omoda 5 GT VS Honda HR-V, Mana yang Lebih Unggul?

Nah, bagian ini adalah bagian yang paling krusial. Pasalnya Chery Omoda 5 GT hadir dengan harga yang sangat luar biasa terjangkau dengan fitur dan teknologi yang berlimpah.

Saat ini Chery Omoda 5 GT FWD dijual di harga Rp448,8 juta dan Chery Omoda 5 GT AWD dibanderol di Rp488,8 juta. Honda HR-V Turbo RS sang penguasa segmen saat ini dijual di hargaRp529,9juta.
(dan)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2019 seconds (0.1#10.140)