4 Cara Aman Atasi Rem Blong pada Mobil

Selasa, 03 Oktober 2023 - 18:31 WIB
loading...
4 Cara Aman Atasi Rem Blong pada Mobil
Cara Aman Atasi Rem Blong FOTO/ TAM
A A A
JAKARTA - Rem blong menjadi masalah fatal yang tidak jarang terjadi pada mobil. Masalah ini bisa terjadi kapan saja secara tiba-tiba bahkan saat kita merasa kondisi mobil sudah cukup baik untuk diajak jalan.



Masalah rem blong sendiri sering terjadi karena saat perjalanan terus menerus menginjak pedal rem dalam waktu lama. Ini mengakibatkan kaliper panas yang akhirnya membuat rem menjadi blong.

Nah kalau sudah begini, harus diatasi dengan pilihan cara yang tepat dan kondisi pikiran tenang. Berikut ini adalah tips aman atasi rem blong pada mobil, seperti dilansir dari berbagai sumber, Selasa (3/10/2023).

1. Terus Memompa Rem

Saat rem blong mendadak, langkah yang bisa diambil adalah terus memompanya agar tekanannya bisa kembali seperti sedia kala. Jika kendaraan beralih ke anti locking braking atau ABS, terus pompa saja.

Jangan panik karena bisa jadi malah akan menginjak pedal gas. Bukannya malah melambat, mobil akan melaju dengan kecepatan tinggi. Terus pompa rem sesekali juga guncang rem secara perlahan.

Lama kelamaan, tekanan pada rem akan kembali seperti semula. Namun, jika saat dipompa rem terasa kasar ataupun berat, mungkin di bagian pedalnya ada sesuatu. Waktunya ambil langkah kedua.

2. Menurunkan Gigi Transmisi

Jika cara pertama tidak bisa mengatasi rem blong, maka langkah selanjutnya adalah dengan menurunkan bagian gigi transmisi mobil secara bertahap namun dengan cepat. Ini berlaku untuk mobil manual.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2655 seconds (0.1#10.140)