Ketika Mesin Turbo Honda Civic Type R Meraung di Sirkuit Mandalika

Rabu, 11 Oktober 2023 - 15:00 WIB
loading...
Ketika Mesin Turbo Honda Civic Type R Meraung di Sirkuit Mandalika
Mobil Civic Type R melaju di lintasan Sirkuit Internasional Pertamina Mandalika, Lombok, Nusa Tenggara Barat (NTB) di acara Honda TrackFEST, belum lama ini. Foto: HPM
A A A
MANDALIKA - Menjajal langsung Honda Civic Type R di lintasan Sirkuit Internasional Pertamina Mandalika, Lombok, Nusa Tenggara Barat (NTB), seolah memberi alasan valid mengapa penggemar Honda tergila-gila dengan mobil ini.

All New Honda Civic Type R 2023 adalah mobil terkencang sekaligus termahal yang dijual PT Honda Prospect Motor (HPM) di Indonesia. Dibanderol Rp1.399.000.000, harga Honda Civic Type R 2x lebih mahal dibanding Honda Civic Turbo RS yang sudah terlebih dulu dijual.

Meski demikian, pembeli mobil itu masih harus rebutan. Bahkan, harus rela menunggu hingga 2024 karena unit yang terbatas.

Ketika Mesin Turbo Honda Civic Type R Meraung di Sirkuit Mandalika

“Civic Type R adalah mobil yang baru terasa mengapa kita rela membayar mahal setelah dicoba langsung di sirkuit,” beber Fitra Eri, YouTuber sekaligus pemilik pertama All New Honda Civic Type R 2023.

Dan untungnya, kesempatan tersebut juga di dapatkan oleh SINDONews dalam acara Honda TrackFEST beberapa waktu lalu. Kesempatan langka untuk menjajal Honda Civic Type R di Sirkuit Internasional Pertamina Mandalika, Lombok, Nusa Tenggara Barat (NTB).

Ekterior yang Galak
Ketika Mesin Turbo Honda Civic Type R Meraung di Sirkuit Mandalika

Sambil menanti giliran, SINDONews menikmati tampilan eksterior All New Honda Civic Type R yang diimpor langsung dari Jepang itu. Memang lebih galak. Setiap varian Type R memiliki emblem logo Honda berwarna merah. Logo ini hanya digunakan di mobil balap Honda yang turun dalam sebuah kejuaraan balap.

Memang, sepintas tampangnya mirip dengan Honda Civic Turbo RS. Tapi, sebenarnya perbedaannya banyak sekali. Bisa terlihat dari fender depan, spoiler, velg Alloy Wheel 19 inci dengan ban berkarakter sport, serta Triple Outlet Exhaust (tiga knalpot) di tengah.

Tentu saja, logo Type R di bodi cukup bikin penggemar otomotif deg-degan. Secara tampilan, nuansa balap di Honda Civic Type R masih kental. Tapi, tidak dominan sehingga ketika digunakan untuk harian pun mobil ini tidak akan mencolok.

Pun wajar jika John Cena memilih Honda Civic Type R sebagai mobil harian dibandingkan Lamborghini Countach. Karena inilah mobil balap yang nyaman dipakai harian.

Kokpit Serba Merah
Ketika Mesin Turbo Honda Civic Type R Meraung di Sirkuit Mandalika

Akhirnya tiba giliran SINDONews di depan kemudi. Jangan kaget dengan interior Honda Civic Type R yang serba merah. Mulai dari karpet, jok depan, hingga kursi belakang. Katanya, merah adalah warna balap.

Desain jok Sport Bucket Seats with Red Suede Style Fabric warna vivid red akan “memeluk” pengemudi di kecepatan tinggi. Tapi, tidak keras dan capek untuk harian.

Yang menarik adalah desain roda kemudi yang menggunakan material Alcantara Steering Material dengan aksen merah. Empuk, kesat, dan nyaman sekali digenggamnya.

Keunikan lainnya, desain center console panel, tuas transmisi serta sports pedal All New Honda Civic Type R menggunakan bahan alumunium yang kental nuansa sport. Termasuk juga corak warna Polarized gunmetal di instrumen panel A/C.

Masih ada Wireless Charging Front USB Port with Charging Function, Armrest with Cup Holder pada konsol tengah. Ada juga 10,2” TFT dengan twin-meter menggunakan jarum warna kuning yang menjadi ciri khas dari Type R. Sisanya memang tidak terlalu berkesan.

Honda Civic Tercepat
Ketika Mesin Turbo Honda Civic Type R Meraung di Sirkuit Mandalika

HPM memberi jurnalis kesempatan 1 putaran ditemani pace car Civic Type R generasi sebelumnya yang dikendarai oleh pembalap Alvin Bahar.

SINDONews segera mengoper perseneling ke gigi 1. Ya, semua Civic Type R bertransmisi manual. Usai menyesuaikan diri dengan transmisi manual di pitstop, SINDONews mulai memberanikan diri membejek gas.

Begitu gas dibejek dalam-dalam, rasanya seperti terhempas dari tempat duduk. Mobil ini buas sekali. Civic Type R FL5 mengusung mesin 2.0L VTEC Turbo dengan tenaga maksimal 319 PS dan torsi maksimum 420 Nm, disalurkan ke roda depan melalui transmisi manual 6-percepatan.

Mobil tersebut juga memecahkan rekor putaran tercepat untuk kategori mobil penggerak roda depan di sirkuit Internasional Suzuka, Jepang dan sirkuit Nurburgring, Jerman.

Adrenalin Terpompa Maksimal
Ketika Mesin Turbo Honda Civic Type R Meraung di Sirkuit Mandalika

Ada 4 mode berkendara di Civic Type R FL5. Yakni Comfort, Sport, +R, hingga Individual yang dapat disesuaikan dengan keinginan serta karakter berkendara pengemudinya.

SINDONews lantas menekan tombol +R dan tiba-tiba tampilan layar berubah menjadi merah. Adrenalin pun semakin terpacu. Terutama sentakan mesin turbo di setiap perpindahan gigi. Juga, raungan mesin turbo yang memanjakan telinga. Berulang kali SINDONews, berujar “gokil”, di dalam hati.

Total ada 17 tikungan di Sirkuit Mandalika yang sepanajng 4,31 km itu. Perasaan SINDONews memang campur aduk antara menyesuaikan racing line (jalur tercepat dalam trek), mengoper gigi, sambil tetap mengendalikan mobil.

Salah satu hal yang menarik Civic Type R adalah sistem Rev Match Control dimana mobil otomatis menaikan putaran mesin saat melakukan pengereman untuk memasuki tikungan, dan lebih cepat keluar tikungan.

Sehingga untuk mereka yang bukan pembalap profesional tidak perlu melakukan teknik “heel and toe” untuk menjaga RPM tetap tinggi saat menurunkan gigi.

Dua Kepribadian Civic Type R
Ketika Mesin Turbo Honda Civic Type R Meraung di Sirkuit Mandalika

Salah satu yang paling berkesan saat mengendarai Civic Type R adalah saat melibas tikungan 6-7 sirkuit Mandalika yang disebut pembalap MotoGP dari VR46 Racing Team Luca Marini sebagai terbaik di dunia itu.

Mulai masuk tikungan, SINDONews mengerem cukup dalam, lalu membelokkan setir mendekati apex (titik tikungan paling dekat dengan mobil). Herannya, sama sekali tidak ada gejala understeer saat bermanuver.

Civic Type R seperti menempel di sirkuit. Bahkan, di beberapa tikungan kecepatan menunjukkan angka diatas 100 km/jam. Mobil tetap “nurut” dan mudah dikendalikan.

Agaknya, desain aerodinamika serta Rear Wing Spoiler mobil ini ikut menjaga mobil tetap stabil saat berbelok di kecepatan tinggi.

Ketika Mesin Turbo Honda Civic Type R Meraung di Sirkuit Mandalika

Selanjutnya, gas kembali dibejek dalam-dalam ketika mobil mulai berakselerasi keluar tikungan usai melewati apex. Ulangi lagi hal serupa di tikungan lainnya. Wow, rasanya luar biasa dan bikin ketagihan.



Tampang Civic Type R yang mungkin terlihat lebih kalem dibandingkan generasi sebelumnya, seolah berubah wujud menjadi mobil yang sangat berbeda di sirkuit. Mobil yang buas dan galak.

Inilah dua kepribadian Civic Type R, yang mungkin jadi alasan utama mengapa pemiliknya sangat bangga menyimpan mobil tersebut di garasirumahnya.
(dan)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2353 seconds (0.1#10.140)