Keren! Yamaha Hadirkan Motor Listrik Anti Jatuh

Jum'at, 13 Oktober 2023 - 15:38 WIB
loading...
Keren! Yamaha Hadirkan Motor Listrik Anti Jatuh
Yamaha Elove dibekali teknologi canggih. (Foto: Yamaha)
A A A
JAKARTA - Yamaha menghadirkan inovasi baru berupa motor listrik anti jatuh. Skuter listrik bernama Yamaha Elove itu telah dibekali teknologi canggih, sehingga bisa berdiri seimbang dengan dua ban depan. Yamaha Elove akan dihadirkan di Japan Mobility Show 2023, bersama produk-produk lainnya.

Melansir laman Yamaha Global, Jumat (13/10/2023), Yamaha Elove dibangun berdasarkan Motoroid, yaitu robot humanoid pengendara sepeda motor otonom. Skutik ini memanfatkan teknologi Advance Motorcycle Stabilization Assist System (AMSAS).

AMSAS secara efektif membuat kendaraan roda dua dapat menyeimbangkan secara mandiri. Hal ini akan membuat pengendara tak perlu kesulitan dalam menjaga keseimbangan saat kecepatan rendah maupun berhenti.



Yamaha mengklaim teknologi ini dapat membuat motor berjalan sangat lambat, seperti halnya orang berjalan kaki. Diharapkan hal ini akan mengubah kegiatan bersepeda motor menjadi lebih aman dan menyenangkan. “Elove diciptakan sebagai game changing!. Skuter listrik yang dilengkapi dengan AMSAS,” tulis Yamaha.

Model standar Yamaha ELove juga akan dipajang bersama versi modifikasi. Sebenarnya, AMSAS telah dikembangkan Yamaha sejak tahun lalu menggunakan YZF-R25 sebagai basis untuk uji coba. Motor ini dapat berdiri seimbang dalam kecepatan 5 mph.



Hingga saat ini, AMSAS baru bisa bekerja pada kecepatan paling rendah 5 mph untuk membantu menstabilkan motor. Dalam kecepatan yang lebih rendah, berarti lebih sedikit efek giroskopik dari putaran roda, sehingga motor menjadi kurang stabil secara vertikal.
(msf)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2501 seconds (0.1#10.140)