Kenapa Knalpot Mobil Keluar Asap Putih? Ketahui Penyebabnya

Selasa, 17 Oktober 2023 - 10:54 WIB
loading...
Kenapa Knalpot Mobil Keluar Asap Putih? Ketahui Penyebabnya
Knalpot mobil keluar asap putih bisa karena beberapa faktor yang memengaruhinya. Foto/GoMechanic
A A A
JAKARTA - Knalpot mobil keluar asap putih ternyata tidak selalu mengindikasikan adanya suatu masalah pada kendaraan. Hal ini mungkin pernah Anda lihat di jalan.

Umumnya, ada beberapa warna asap knalpot kendaraan. Salah satu warna asap knalpot yang sering terlihat adalah putih.

Lalu, kenapa knalpot mobil mengeluarkan asap putih? Berikut penyebab umum asap putih yang keluar dari knalpot mobil.

Penyebab Knalpot Mobil Keluar Asap Putih


1. Kondisi Cuaca Dingin


Pada kondisi cuaca yang dingin, seperti saat pagi hari atau musim dingin, uap air yang dihasilkan oleh mesin mobil akan lebih cepat mengembun karena perbedaan suhu antara gas buang panas dan udara dingin di sekitarnya. Hal ini menyebabkan asap putih lebih terlihat.

2. Proses Pemurnian Gas Buang


Modernisasi kendaraan telah membawa perubahan signifikan dalam teknologi knalpot. Mobil modern dilengkapi dengan sistem kontrol emisi yang canggih untuk meminimalkan dampak negatif pada lingkungan.



Proses pemurnian gas buang dapat menghasilkan asap putih karena adanya reaksi kimia yang mengubah gas buang menjadi uap air.

3. Terdapat Sisa Air di Knalpot


Terdapat sisa air di knalpot bisa jadi penyebab asap putih yang keluar dari knalpot mobil Anda. Air ini bisa tertinggal setelah Anda mencuci kendaraan atau hujan dan membuat sisa sisa air terperangkap di dalam knalpot.



Ketika mesin dinyalakan, knalpot akan menghantarkan hawa panas dan air yang terperangkap akan menguap dan menghasilkan asap putih keluar dari knalpot. Hal ini terjadi dalam waktu singkat, jika air sudah menguap maka asap pun akan hilang.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.9628 seconds (0.1#10.140)