7 Ciri Baterai Sepeda Listrik Menurun

Sabtu, 21 Oktober 2023 - 11:05 WIB
loading...
7 Ciri Baterai Sepeda Listrik Menurun
Ciri baterai sepeda listrik menurun menarik untuk dipahami. Foto: Sindonews/Danang Arradian
A A A
JAKARTA - Ciri baterai sepeda listrik menurun penting untuk diketahui, terutama untuk Anda yang sering menggunakannya di sekitar rumah. Sepeda listrik memiliki daya tarik yang unik, seperti cara penggunaannya yang mudah, memiliki harga yang terjangkau, mudah dan ringan untuk digunakan di sekitar rumah atau di jalanan yang tidak terlalu ramai kendaraan.

Namun, sepeda listrik juga sama seperti kendaraan konvensional, yakni memiliki beberapa hal yang harus diperhatikan saat menggunakan sepeda listrik, terutama pada bagian baterai. Berikut di bawah ini ciri-ciri baterai sepeda listrik menurun yang harus kamu waspadai.

Berikut 7 Ciri Baterai Sepeda Listrik Menurun

1. Melewati Usia Pakai

Baterai sepeda listrik bisa dipakai hingga tiga sampai lima tahun dan dapat diperpanjang jika disertai dengan perawatan yang aman dan tepat.

2. Baterai Tidak Dapat Diisi Daya

Baterai tidak dapat diisi daya dapat disebabkan karena seringnya overcharge pada baterai listrik yang sudah penuh, tetapi masih tetap diisi dayanya.

3. Masalah Kabel Baterai

Selanjutnya, masalah pemasangan kabel pada baterai bisa menyebabkan kerusakan pada baterai sepeda listrik. Oleh karena itu, sebaiknya hati-hati saat memasangkan kabel pada baterai.

4. Baterai Gendut

Terjadinya baterai yang menggembung atau gendut pada sepeda listrik dapat disebabkan karena pengisian daya yang berlebihan. Jika hal ini terjadi, maka Anda harus menggantinya dengan baterai yang baru.

5. Lampu Sepeda Redup

Jika lampu sepeda listrik redup atau tidak terang dapat menjadi salah satu ciri kondisi baterai sepeda listrik kamu menurun.

6. Sepeda Tidak Jalan

Sepeda sulit untuk digas dan jalannya tersendat-sendat, dapat menjadi salah satu ciri kondisi baterai sepeda listrik bermasalah atau menurun.


7. Bunyi Klakson Kecil

Bunyi klakson yang mengecil dan tidak sekencang di awal pemakaian, dapat menjadi tanda bahwa kondisi baterai sepeda listrik menurun.

Meskipun baterai sepeda listrik memiliki desain yang serupa dengan baterai motor listrik, tetapi keduanya memiliki spesifikasi yang berbeda.
Anda bisa menggunakan pedal pada sepeda listrik saat kehabisan baterai di jalan dan hal ini hanya terdapat pada sepeda listrik.

MG/ShandyaPricilla
(dan)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2611 seconds (0.1#10.140)