Honda Siapkan Dua Opsi Pengisian Baterai Motor Listrik, Swap Station dan Ngecas di Rumah

Jum'at, 03 November 2023 - 08:56 WIB
loading...
Honda Siapkan Dua Opsi Pengisian Baterai Motor Listrik, Swap Station dan Ngecas di Rumah
Honda Mobile Power Pack (MPP) menjadi solusi bagi AHM untuk motor listrik mereka Honda EM-1 e:. Foto: AHM
A A A
JAKARTA - PT Astra Honda Motor (AHM) semakin serius dalam memasarkan motor listrik, pasca peluncuran Honda EM1 e: . Meski, harga motor tersebut dianggap jauh lebih mahal dibandingkan motor lansiran pabrikan China yang sudah ada.

Kini, produsen asal Jepang itu bakal mendirikan stasiun penukaran baterai di sejumlah titik di Jawa dan Bali untuk tahap awal. Pada pameran IMOS+ 2023, AHM memperlihatkan lini elektrifikasi mereka, lengkap dengan infrastruktur pendukung.

Selain stasiun penukaran baterai, mereka juga memperlihatkan sistem pengecasan portabel, Honda Mobile Power Pack.

Direktur Pemasaran PT AHM Octavianus Dwi Putro mengatakan motor listrik Honda dirancang dapat menggunakan dua metode pengecasan. Hal ini ditujukan untuk mempermudah konsumen mereka dalam melakukan aktivitas mobilitas harian.

“Kemarin dijelaskan bahwa kita memberikan opsi ke konsumen nanti ada dua pilihan, jadi tidak semata-mata harus swap station. Tapi konsumen itu dia bisa melakukan pengisian daya itu bahkan di rumah bisa. Jadi kita berikan opsi ke konsumen,” kata Octa saat ditemui di Jakarta Utara, Rabu (1/11).

Stasiun penukaran baterai memang akan dipersiapkan oleh Honda untuk konsumen yang mobilitasnya tinggi. Sehingga, pengguna motor listrik hanya membutuhkan beberapa menit agar bisa beraktivitas kembali.

Karena itu, Honda akan mendirikan stasiun penukaran baterai di sejumlah titik, yang akan difokuskan di Jawa dan Bali. Selain itu, Octa juga memastikan stasiun penukaran baterai tidak hanya berada di diler atau bengkel Honda saja.

Honda Siapkan Dua Opsi Pengisian Baterai Motor Listrik, Swap Station dan Ngecas di Rumah

“Swap station akan berada di beberapa titik, tahap awal akan berada di Jakarta dulu. Campur, ada yang di diler dan lainnya. Karena bagi kami harus dipikirkan ketersediaan yang terjangkau bagi konsumen. Jadi titik menjadi lebih penting, dibandingkan hanya sekadar memberikan di diler kita,” ujarnya.

Honda memang memberi banyak opsi pengecasan baterai kepada konsumen untuk memberikan kenyamanan. Honda Mobile Power Pack (MPP) sendiri telah diperkenalkan di Eropa yang memungkinkan penggunanya bisa mengisi daya baterai di rumah.



Untuk sekali pengisian data, baterai ini menawarkan jarak tempuh yang diklaim lebih dari 40 kilometer. MPP juga dirancang untuk tahan terhadap suhi tinggi, tingkat kelembaban udara, benturan,dangetaran.
(dan)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.5250 seconds (0.1#10.140)