6 Kekurangan Mobil yang Menggunakan Sunroof, Perhatikan sebelum Membeli

Jum'at, 03 November 2023 - 10:32 WIB
loading...
6 Kekurangan Mobil yang Menggunakan Sunroof, Perhatikan sebelum Membeli
Ada beberapa kekurangan dari sunroof mobil yang perlu diperhatikan sebelum membelinya. Foto/Freepik
A A A
JAKARTA - Sunroof mobil merupakan bagian dari atap yang dapat dibuka atau diangkat. Tidak hanya menambah mewah, sunroof juga memberikan akses udara segar dan cahaya matahari ke dalam kabin mobil.

Fitur opsional sunroof kini sudah mulai populer diterapkan dalam beberapa model mobil. Menurut laman resmi Honda, sunroof awalnya hadir hanya untuk mobil-mobil yang dipasarkan di negara-negara yang memiliki 4 musim.

Para pemilik mobil dapat menikmati suasana musim semi atau musim gugur dengan membuka sunroof. Namun, seiring perkembangannya mulai banyak negara-negara di wilayah tropis yang menginginkan karena dinilai cukup eksklusif dan mewah.



Meski begitu, tak selamanya sunroof membuat mobil elegan. Ada beberapa kekurangan dari sunroof yang perlu diperhatikan sebelum membeli mobil dengan fitur tersebut.

Kekurangan Mobil yang Menggunakan Sunroof


1. Risiko Kebocoran


Sunroof memiliki potensi untuk mengalami kebocoran air, terutama jika perawatan tidak dilakukan dengan baik atau jika komponen sunroof mengalami kerusakan. Hal itu dapat mengakibatkan kerusakan pada interior mobil dan bau yang tidak sedap.

2. Risiko Kebisingan dan Angin


Sunroof terbuka dapat meningkatkan kebisingan dan aliran angin ke dalam kabin, terutama saat mengemudi dengan kecepatan tinggi. Ini mungkin membuat perjalanan menjadi kurang nyaman, terutama dalam kondisi cuaca buruk.



3. Penurunan Ruang Kepala


Meskipun sunroof dapat memberikan ruang kepala tambahan saat dibuka, namun saat ditutup komponen sunroof dapat mengurangi ruang kepala di bagian atap mobil. Ini mungkin membuat penumpang yang tinggi akan merasa lebih sempit.

4. Pemeliharaan Tambahan


Sunroof mobil juga memerlukan perawatan tambahan untuk menjaganya tetap berfungsi dengan baik. Ini termasuk membersihkan kaca sunroof dan rel secara teratur serta mengganti seal karet jika diperlukan.

5. Potensi Bahaya saat Kecelakaan


Sunroof yang terbuka selama kecelakaan dapat meningkatkan risiko cedera bagi penumpang, terutama jika mobil terguling atau terlibat dalam tabrakan yang melibatkan rollover.

6. Harga Lebih Mahal


Mobil dengan sunroof biasanya lebih mahal daripada versi yang tidak dilengkapi sunroof. Ini termasuk biaya awal pembelian serta biaya perawatan dan perbaikan lebih tinggi jika sunroof mengalami masalah.
(okt)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1908 seconds (0.1#10.140)