Banjir Promo Mobil Baru Akhir Tahun, Cermati Hal Ini sebelum Beli

Senin, 06 November 2023 - 07:36 WIB
loading...
Banjir Promo Mobil Baru Akhir Tahun, Cermati Hal Ini sebelum Beli
Mobil-mobil baru KIA di ajang GIIAS 2023. (Foto: Wahyu Sibarani)
A A A
JAKARTA - Sudah menjadi ritual jelang akhir tahun, para produsen otomotif berlomba menawarkan diskon pembelian mobil baru.

Umumnya para para agen pemegang merek (APM) mobil membuat tawaran menarik. Mulai dari potongan harga dan promo lebih besar. Lantas apa saja yang perlu dicermati agar mendapatkan mobil baru berkualitas dengan harga kompetitif?

1. Jangan Terburu Nafsu


Iming-iming diskon besar memang menggiurkan. Tapi jangan cepat-cepat ambil keputusan, bandingkan harga yang ditawarkan, sebab pada dasarnya penjual juga mengejar target penjualan.

Ketika diskon yang didapat sudah maksimal, pastikan juga mendapat benefit lainnya, seperti aseroris tambahan dan layanan purnajual yang menarik.


2. Ambil Skema Kredit


Skema kredit memang masih menjadi cara kebanyakan orang di Indonesia saat membeli mobil. Nah, skema kredit juga bisa jadi trik agar dapat diskon besar akhir tahun.

Selain itu, cari juga merek mobil yang memiliki kerja sama khusus dengan leasing tertentu. Dengan begitu akan ada subsidi khusus dari leasing, sehingga diskon yang didapat lebih besar.

3. Cari Mobil Produksi Awal Tahun


Harga mobil yang lebih laris biasanya akan cenderung stabil dibanding dengan yang jarang dilirik selama permintaan tinggi sehingga potensi diskon besar sangat kecil.

Sebaliknya, saat akhir tahun, jenis mobil yang tergolong rendah penjualannya cenderung lebih berpotensi punya diskon besar, sebab stoknya masih banyak di dealer.

Namun, pembeli juga harus berhati-hati dan mengecek kondisi mobil dengan teliti. Meski terhitung mobil baru, namun merupakan stok lama yang bisa jadi ada pengurangan kualitas komponen selama disimpan di gudang diler.


4. Cari Merek yang Kolaborasi dengan E-Commerce


Saat ini, cara pembelian mobil baru tidak hanya bisa dilakukan di diler-diler resmi. Beberapa APM biasanya juga bekerja sama dengan platform perdagangan elektronik (e-commerce) di akhir tahun. Jika sudah terlanjur datang ke diler, bisa ditanyakan juga ke tenaga penjual apakah menerima skema pembelian melalui platform e-commerce .
(msf)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2317 seconds (0.1#10.140)