Dibandingkan dengan Wuling Air ev, Ternyata Honda CI-MEV Punya Teknologi Lebih Canggih

Rabu, 08 November 2023 - 15:05 WIB
loading...
Dibandingkan dengan Wuling Air ev, Ternyata Honda CI-MEV Punya Teknologi Lebih Canggih
Honda CI-MEV memiliki teknologi baru yang memungkinkan mobil bisa berpikir sendiri. Foto: Sindonews/Danang Arradian
A A A
JAKARTA - Banyak yang membandingkan Honda CI-MEV dengan Wuling Air ev . Sebab, kedua mobil tersebut sama-sama berukuran sangat mungil. Tapi, Honda CI-MEV yang masih berstatus mobil konsep itu ternyata memiliki banyak teknologi yang sangat canggih.

Honda CI-MEV memang kalah mendapat perhatian di Japan Mobility Show 2023 dibandingkan dengan Honda Prelude, Sustaina-C, atau bahkan Honda Jet. Tapi, di Indonesia, mobil listrik Honda CI-MEV disebut-sebut bisa bersaing dengan Wuling Air ev karena ukurannya yang mungil.

CI-MEV memang memiliki ukuran mungil. Kabinnya hanya berisi 2 orang atau tempat duduk. Dimensinya mungil dan imut. Warnanya kombinasi putih dan abu-abu khas Honda. Overfendernya besar, tapi bodinya justru mengotak alias boxy. Desain CI-MEV memang terlihat sangat futuristik.

Teknologi Otonom

Nah, yang menarik dari CI-MEV justru bukan desain bodinya yang mungil dan futuristik. Tapi, teknologi canggih Honda yang disebut Honda CI (Cooperative Intelligence).

Honda CI merupakan AI canggih yang memungkinkan mesin memahami lingkungan sekitar dan kondisi orang di sekitarnya. Selanjutnya, AI akan membuat mobil bisa mengambil tindakan secara mandiri. Dengan menerapkan teknologi AI ini, Honda akan mewujudkan kebebasan mobilitas yang lebih besar.

Pengguna, misalnya, dapat memanggil kendaraan yang dilengkapi Honda CI kapan pun mereka membutuhkan tumpangan, dan turun di lokasi mana pun.

Memanfaatkan kendaraan Honda CI yang tersebar luas, Honda berupaya mempopulerkannya sebagai alat transportasi kasual untuk bisnis, jalan-jalan, atau perjalanan singkat keliling kota.

Menariknya lagi, sistem ini tidak bergantung pada peta yang telah ditentukan sebelumnya.

Namun, menilai situasi secara mandiri, sehingga memungkinkan fleksibilitas untuk memenuhi niat pengguna, seperti tiba-tiba ingin menyusuri jalan tertentu.
Kendaraan yang dilengkapi Honda CI juga mengenali kondisi jalan dan rambu lalu lintas untuk memastikan keselamatan berkendara.

“Model demonstrasi kendaraan listrik roda empat dengan dua tempat duduk yang dilengkapi Cooperative Intelligence (CI) asli Honda dan teknologi penggerak otomatis untuk menawarkan mobilitas jarak jauh yang mudah diakses oleh semua pengguna," tulis keterangan resmi Honda.

Baca Juga: Honda Susaina-C, Mobil Listrik Ramah Lingkungan yang Mungkin Cocok untuk Indonesia

CEO Honda Toshihiro Mibe menyebut bahwa Honda CI di CI-MEV memudahkan mereka yang tinggal di wilayah yang tidak ada transportasi umum atau saat orang kesulitanberjalanjauh.
(dan)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1707 seconds (0.1#10.140)