Indonesia Pernah Punya Mobil-mobil Buatan Dalam Negeri, Ke Mana Mereka Sekarang?

Kamis, 09 November 2023 - 10:34 WIB
loading...
Indonesia Pernah Punya Mobil-mobil Buatan Dalam Negeri, Ke Mana Mereka Sekarang?
Wacana Indonesia memiliki mobil buatan dalam negeri mengemuka lagi setelah disuarakan lagi oleh Menteri Pertahanan Kabinet Indonesia Maju Prabowo saat Sarasehan 100 Ekonom Indonesia, Rabu (8/11/2023). Foto/Ist
A A A
JAKARTA - Wacana Indonesia perlu memiliki mobil buatan dalam negeri mengemuka lagi. Wacana tersebut disuarakan lagi oleh Menteri Pertahanan Kabinet Indonesia Maju Prabowo saat menghadiri Sarasehan 100 Ekonom Indonesia, Rabu (8/11/2023).

Saat itu Prabowo mengatakan tengah membuat strategi yang disebut strategi transformasi bangsa. Dari situ dia ingin Indonesia menjadi negara produsen . Termasuk produsen otomotif untuk memproduksi mobil dan motor.

“Kita mau Indonesia bikin dan punya mobil buatan Indonesia. Kita mau Indonesia punya dan bikin motor Indonesia, TV Indonesia, komputer Indonesia, jam tangan Indonesia, semuanya buatan Indonesia oleh anak-anak Indonesia, itu tujuan kita,” ujarnya.



Indonesia sendiri sebenarnya tidak awam dalam membuat mobil di dalam negeri. Beberapa perusahaan anak bangsa malah sudah pernah membuat mobil di dalam negeri.

Hanya saja memang persaingan pasar otomotif terlalu ketat sehingga keberadaan mereka sulit terasa. Nah, berikut ini beberapa mobil yang dibuat di dalam negeri dan bagaimana kabar mereka sekarang. Yuk cermati apa saja?

1. Fin Komodo

Indonesia Pernah Punya Mobil-mobil Buatan Dalam Negeri, Ke Mana Mereka Sekarang?

Bicara mobil buatan dalam negeri tidak bisa lepas dari PT Fin Komodo Teknologi. Perusahaan yang berbasis di Cimahi, Jawa Barat itu hingga kini terus membuat mobil-mobil khusus untuk kegiatan offroad dan industri.

Tercatat ada lima mobil yang dipasarkan, yakni KD 250 X Standar, KD 250 X Patroli, KD 250 X Damkar, KD 250 X Medevac, dan KD 250 X Powerspray. Bahkan PT Fin Komodo Teknologi pernah membuat mobil listrik yakng dinamakan Bledhex, dalam bentuk konsep.

2. Tawon

Indonesia Pernah Punya Mobil-mobil Buatan Dalam Negeri, Ke Mana Mereka Sekarang?

Jejak PT Super Gasindo Jaya sebagai produsen mobil Tawon tentunya tidak tiba-tiba jatuh dari langit. Ternyata, sejak tahun 1960-an, pendirinya, Kuntjoro Njoto, sudah berkecimpung di dunia otomotif nasional. Mereka pernah membuat truk yang bisa mengangkut beban seberat 40 ton.

Mereka kemudian tertarik untuk membuat mobil mikro bernama Tawon untuk menggantikan angkutan umum Bajaj yang sudah dianggap tidak layak. Sayangnya Tawon tidak banyak terserap pasar.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1432 seconds (0.1#10.140)