Tesla Model X Tetap Terbakar di Air, Bukti Sulit Padamkan Kobaran Api di Mobil Listrik

Selasa, 14 November 2023 - 13:56 WIB
loading...
Tesla Model X Tetap Terbakar di Air, Bukti Sulit Padamkan Kobaran Api di Mobil Listrik
Fakta-fakta susahnya memadamkan mobil listrik yang terbakar terus saja bermunculan. Foto/Autocar
A A A
TEXAS - Fakta-fakta susahnya memadamkan mobil listrik yang terbakar terus saja bermunculan. Kali ini sebuah peristiwa nahas dialami oleh sebuah Tesla Model X yang nyemplung ke laut di Amerika serikat.

Mobil listrik itu dilaporkan tiba-tiba saja tergelincir dari bibir pantai. Hanya saja tidak diketahui kenapa tiba-tiba mobil listrik buatan Elon Musk itu bisa langsung nyemplung.

"Beberapa laporan menyebutkan perickan air pantai menyebabkan korselting pada perangkat di Tesla Model X sehingga mobil listrik itu tergelincir ke pantai," sebut Autocar New Zealand yang dikutip MNC Portal Indonesia, Selasa (14/11/2023).



Uniknya begitu masuk ke air, tiba-tiba saja mobil listrik itu langsung terbakar. Diduga hal itu terjadi karena baterai lithium-ion bereaksi terhadap air pantai yang asin.

Ironisnya api sama sekali tidak padam. Alih-alih api tersebut terus menjilati Tesla Model X yang seluruh bodi mobilnya nyaris tenggelam.

"Petugas pemadam kebakaran setempat akhirnya memutuskan untuk membiarkan mobilnya terendam untuk jangka waktu yang lama sampai apinya padam sendiri," sebut Autocar New Zealand.

Setelah api padam baru baterai mobil listrik Tesla Model X dikeluarkan. Petugas pemadam kebakaran kemudian memasukkan baterai itu ke tempat khusus untuk berjaga-jaga jika api di baterai menyala kembali.



Menurut Autocar New Zealand, saat terbakar baterai mobil listrik mengalami apa yang dikenal dengan istilah pelarian termal. Kondisi itu sering kali menyebabkan kebakaran yang berlangsung selama berhari-hari. Tidak peduli berapa banyak air yang digunakan untuk mencoba memadamkannya.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.3335 seconds (0.1#10.140)