Benarkah Mobil Bekas Mazda Warna Merah Lebih Mahal? Begini Faktanya!

Selasa, 28 November 2023 - 10:53 WIB
loading...
Benarkah Mobil Bekas Mazda Warna Merah Lebih Mahal? Begini Faktanya!
Mobil bekas Mazda berkelir merah disebut-sebut memiliki harga lebih mahal karena jadi warna khas. Foto: OLX
A A A
JAKARTA - Mobil Mazda memang identik dengan warna merah. Warna Soul Red khas Mazda dikenal membuat tampilan mobil lebih elegan dan sporty. Bahkan, ada anggapan bahwa kelir tersebut membuat mobil produsen asal Jepang itu lebih mahal ketimbang warna lainnya.

Seperti diketahui, Mazda memang terobsesi dengan warna merah yang diperkenalkan pada 2012, dengan nama Soul Red. Ini berkembang menjadi Soul Red Crystal yang saat ini hadir pada seluruh lini model Mazda di Indonesia.

Dalam mengembangkan warna merah, Mazda menerapkan filosofi yang disebut dengan nama Takuminuri. Ini merupakan gabungan dari kata Takumi yang artinya orang yang ahli dan Nuri yang berarti pengecatan.

Pemilik showroom mobil bekas Indigo Auto, Yudy Budiman mengakui warna merah mobil Mazda memang cantik dan berbeda dari yang lainnya. Namun, anggapan warna tersebut lebih mahal dikatakan oleh Yudy hanya mitos.

“Memang warna Soul Red Mazda itu sangat bagus. Tapi kalau lebih mahal dari warna lainnya, enggak juga. Semua balik lagi ke kondisi mobil tersebut kalau kondisi bekas. Jadi ini cuma mitos lah,” kata Yudy saat dihubungi SINDONews.

Bahkan, Yudy mengatakan bahwa warna merah lebih disukai kaum hawa atau wanita ketimbang pria. Menurutnya, warna tersebut lebih feminis yang membuatnya jarang disukai oleh pria.

Benarkah Mobil Bekas Mazda Warna Merah Lebih Mahal? Begini Faktanya!

“Kalau warna merah itu sebenarnya lebih segmented. Warna ini lebih disukai oleh para wanita ketimbang pria. Biasanya laki-laki itu pilihnya warna hitam atau putih. Kalau melihat ini saja sudah hilang 50 persen penikmatnya,” ujar Yudy.

Kendati begitu, penjualan mobil bekas Mazda dengan warna merah diakui Yudy cenderung lebih stabil. Pasalnya, ini menjadi warna andalan Mazda yang selalu hadir dalam setiap model premiumnya.



“Untuk harga mobil bekas Mazda warna merah ini memang stabil. Depresiasinya dari kondisi baru juga sekitar 10 sampai 15 persen. Terutama untuk Mazda 2, yang peminatnya cukup banyak,” ucapnya.

Warna Soul Red Crystal melalui proses pengecatan yang rumit, sehingga ketika terkena sinar matahari, akan menghasilkan merah yang dalam, intens, dan mengkilap. Sedangkan bagian yang tak terkena cahaya akan terlihatlebihgelap.
(dan)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1579 seconds (0.1#10.140)