Chery Siap Berinvestasi dan Produksi Mobil Listrik di Indonesia

Selasa, 28 November 2023 - 17:23 WIB
loading...
Chery Siap Berinvestasi dan Produksi Mobil Listrik di Indonesia
PT Chery Sales Indonesia (CSI) dan Kementerian Perindustrian Republik Indonesia (Kemenperin) bekerja sama untuk mendukung percepatan ekosistem Kendaraan Bermotor Listrik Berbasis Baterai (KBLBB). Foto/Wahyu Sibarani
A A A
JAKARTA - PT Chery Sales Indonesia (CSI) dan Kementerian Perindustrian Republik Indonesia (Kemenperin) bekerja sama untuk mendukung percepatan ekosistem Kendaraan Bermotor Listrik Berbasis Baterai (KBLBB). Salah satu bentuknya, TP CSI siap berinvestasi untuk produksi kendaraan listrik di Indonesia.

Kerja sama ini disepakatan ini ditandai dengan penandatanganan surat pernyataan niat atau Letter of Intent (LoI) antara PT CSI bersama Direktorat Jenderal Industri Logam, Mesin, Alat Transportasi, dan Elektronika (Ditjen ILMATE), Kemenperin, Senin 27 November 2023. Penandatanganan LoI ini dilakukan oleh Qu Jizong, Executive Vice President dari PT Chery Sales Indonesia dan Hendro Martono, Direktur Industri Maritim, Alat Transportasi dan Alat Pertahanan.

Qu Jizong mengatakan penandatangan LoI itu menunjukkan kesiapan Chery untuk berinovasi di Indonesia. Nantinya kendaraan listrik itu tidak hanya untuk memenuhi kebutuhan pasar domestik tapi juga pasar ekspor.



"Penandatangan LoI ini merupakan bentuk penegasan komitmen kontribusi Chery kepada industri otomotif Indonesia. Terutama untuk mendukung percepatan pembentukan ekosistem Kendaraan Bermotor Listrik Berbasis Baterai (KBLBB),” kata Qu Jizong.

Lebih lanjut penandatanganan LoI itu membuat CSI harus berupaya semaksimal mungkin untuk mengembangkan industri KLBB di Indonesia. Salah satunya adlaah mematuhi regulasi mengenai nilai Tingkat Komponen Dalam Negeri (TKDN) yang harus dipenuhi sesuai aturan pemerintah.
Chery Siap Berinvestasi dan Produksi Mobil Listrik di Indonesia


Dari situ CSI diharapkan bisa menjadikan Indonesia sebagai pusat produksi dan pusat ekspor bagi pengembangan kendaraan ramah lingkungan. Nantinya juga secara bertahap CSI bisa menghadirkan kendaraan ramah lingkungan lain untuk mendukung upaya pemerintah menciptakan udara yang lebih bersih dan ramah lingkungan.

Dalam surat itu juga pemerintah akan mendukung dan membantu CSI untuk melaksanakan produksi KLBB di Indonesia agar dapat berjalan sesuai syarat yang ditetapkan untuk memenuhi TKDN. Selain itu, dukungan juga akan diberikan oleh pemerintah untuk peningkatan kapasitas produksi secara berkelanjutan.



Selain itu, doharapkan memberdayakan komponen industri kecil dan menengah sebagai bagian dari global supply chain, serta terwujudnya peningkatan ekspor KBLBB produksi dalam negeri. “Kami akan menjalankan komitmen untuk berinvestasi melalui produksi kendaraan listrik di Indonesia dan pendistribusiannya ke negara-negara setir kanan," ujar Qu Jizong.
(wib)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2003 seconds (0.1#10.140)