Awas Jamur! Begini Cara Merawat Bodi Mobil di Musim Hujan

Rabu, 06 Desember 2023 - 22:21 WIB
loading...
Awas Jamur! Begini Cara Merawat Bodi Mobil di Musim Hujan
Cara merawat bodi mobil di musim hujan penting untuk dipahami. Foto: Sindonews/Arif Julianto
A A A
JAKARTA - Merawat bodi mobil di musim hujan jadi wajib agar tidak muncul jamur membandel. Ini juga perlu dilakukan untuk menghindari munculnya karat dan kerusakan lainnya.

Seperti diketahui, air hujan mengandung zat asam, kotoran, dan partikel limbah lainnya yang dapat menyebabkan munculnya jamur jika tidak segera dibersihkan. Untuk itu, mobil perlu dibilas dengan air bersih setelah hujan.

“Harus rajin-rajin mencuci mobil kalau musim hujan, setidaknya dibilas dengan air bersih. Biar bodi mobil tidak jamuran, kalau sudah jamuran perlu melakukan perawatan khusus,” kata Thio, Mekanik Shop N Drive kepada SINDONews.

Ada perawatan khusus yang dapat dilakukan pemilik mobil saat menghadapi musim hujan, yakni melakukan coating. Ini merupakan proses pemberian lapisan tambahan untuk melindungi cat mobil.

Dilansir dari laman Suzuki, coating dapat membuat tampilan bodi mobil lebih mengkilap.

Cara kerja dari coating mobil adalah dengan menutup pori yang terdapat pada permukaan cat yang membuat cat menjadi lebih tahan dari kotoran, air, dan juga residu.

Coating berbentuk cairan yang diaplikasikan di atas cat yang dapat mengeras dan dapat menutup pori-pori pada mobil. Ini akan memberikan efek water repellent atau yang biasa disebut efek daun talas.

Kondisi ini dapat membuat air langsung turun sehingga tak mengendap di bodi mobil terlalu lama. Ini mencegah berkembangnya jamur akibat bodi mobil yang tak dibilas setelah kehujanan.

Selain melindungi bodi mobil dari jamur, coating juga dapat mencegah bodi mobil mengalami goresan-goresan halus yang diakibatkan bergesekan dengan daun atau batu-batuan kecil.

Jamur yang tak bisa berkembang pada bodi mobil akan membuat tampilan tetap mengkilap dan hanya perlu dibilas dengan air bersih jika terlihat kusam. Ini akan membuat warna cat mobil akan selalu optimal sepanjang tahun.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2494 seconds (0.1#10.140)