Lampu Belakang Bermasalah, Honda Umumkan Recall

Kamis, 07 Desember 2023 - 16:06 WIB
loading...
Lampu Belakang Bermasalah, Honda Umumkan Recall
Honda CB 350. FOTO/ DAILY
A A A
TOKYO - Honda India memutuskan melakukanrecallatau penarikan kembali untuk dua model motor bergaya retro, H’Ness CB350 dan CB350RS. Korosi pada lampu belakang dan masalah pada sensor kemiringan jadi penyebab utama keputusan penarikan kembali.

MelansirAutocar India, Honda mengatakan kesalahan produksi pada bagian karet pada sakelar lampu rem dapat menimbulkan keretakan. Hal ini dapat menyebabkan masuknya air dan korosi di dalam, yang menyebabkan kegagalan fungsi lampu.

Honda H’Ness CB350 dan CB350RS yang terdampakrecalladalah yang diproduksi antara Oktober 2020 sampai Januari 2023. Meski terlihat sepele, Honda berkomitmen untuk memberikan kepuasan terhadap pelanggannya.

Hal lain yang menjadi perhatian dalam kampanye penarikan ini adalah terkait dengan sensor sudut kemiringan sepeda. Honda mengklaim masalah ini muncul karena ‘pencetakan yang tidak tepat’ pada rumah sensor.

Kesalahan produksi itu dapat menyebabkan celah pada segel badan sensor yang memungkinkan air masuk ke sensor sudut tepian. Masalah yang ditemukan di motor tersebut ada pada transmisi, yaitu pada bagian as penggerak gigi keempat.

Hal ini menyebabkan kemungkinan kerusakan sensor dan, dalam skenario terburuk, sepeda motor terhenti. Untuk penarikan kembali terkait masalah sensor, unit yang terdampak adalah produksi antara Oktober 2020 dan Desember 2021.

Penggantian suku cadang yang terkena dampak ini akan dilakukan di dealer BigWing di seluruh India mulai pekan kedua bulan Desember 2023. Seluruh perbaikan dan penggantian komponen akan dilakukan secara gratis.

Honda H’Ness CB350 dibekali dengan mesin berkapasitas 348,36 cc, satu silinder, dan berpendingin cairan. Mesin tersebut mampu menghasilkan tenaga 20,8 hp pada 5.500 rpm dan torsi puncak 30 Nm pada 3.000 rpm disalurkan melalui transmisi manual 5-percepatan.

Untuk menambah kenyamanan dan keamanan, disematkan juga Honda Selectable Torque Control (HSTC) untuk mencegah ban belakang selip saat berada di medan yang licin atau berpasir.

Suspensi juga bisa dibilang masih pakai model konvensional, meningkatkan kesan retro dengan teleskopik di bagian depan, sedangkan di belakang model ganda. Rodanya dibuat berbeda, dengan depan menggunakan ukuran 19 inci dan belakang ring 18.

H’Ness CB350 dibekali juga dengan fitur canggih, yaitu Honda Smartphone Voice Control System (HSVCS). Dengam sambungan Bluetooth, pengendara bisa mengakses fitur telepon, musik, pesan, navigasi, dan prakiraan cuaca.
(wbs)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1718 seconds (0.1#10.140)