Taklukkan Asia, Pembinaan Balap Berjenjang AHM Ukir Rentetan Sejarah

Jum'at, 08 Desember 2023 - 12:25 WIB
loading...
Taklukkan Asia, Pembinaan Balap Berjenjang AHM Ukir Rentetan Sejarah
Momen bersejarah, Fadillah Arbi kibarkan bendera merah putih di ajang FIM JuniorGP World Championship di Barcelona, Spanyol. (Foto: dok AHM)
A A A
JAKARTA - Pebalap kebanggaan Astra Honda Racing Team (AHRT) Rheza Danica Ahrens didapuk sebagai juara Asia Road Racing Championship (ARRC) 2023 di kelas Asia Production (AP) 250 pada Minggu (3/12/2023). Kemenangan ini menutup rentetan pencapaian prestasi tim balap PT Astra Honda Motor (AHM) di kancah balap Asia. Pencapaian tersebut juga tidak terlepas dari pembinaan balap berjenjang AHM yang dimulai sejak belia lewat Astra Honda Racing School.

Perjuangan punggawa balap Astra Honda musim ini dimulai dari arena balap sport nasional, Mandalika Racing Series. Dalam ajang ini, Astra Honda menurunkan pebalap-pebalap andalannya yakni Rheza Dhanica Ahrens, Herjun Atna Firdaus, Veda Ega Pratama, dan M.K Ramadhipa pada kelas National Sport 250cc.

Selain itu, AHM juga menurunkan M. Adenanta Putra untuk kelas National Supersport 600cc. Digelar dalam tiga kali pelaksanaan dengan total2 race, pebalap-pebalap Astra Honda dengan menggunakan CBR250RR dan CBR600RR tampil dominan. Gelar juara pun berhasil diraih oleh Rheza di kelas 250cc dan Adenanta pada kelas 600cc.

Taklukkan Asia, Pembinaan Balap Berjenjang AHM Ukir Rentetan Sejarah

Rheza Danica Ahrens Juara ARRC 2023 kelas Asia Production (Foto: dok AHM)

Di ranah balap Thailand Talent Cup (TTC) yang merupakan fase awal pembinaan balap internasional, AHM menurunkan pebalap belia unggulan yakni M.K Ramadhipa dan Decksa Almer Alfarezel. Ditengah kepungan pebalap-pebalap muda tuan rumah, Decksa dan Ramadhipa berhasil mendominasi raihan prestasi di ajang ini.

15 podium berhasil mereka gapai dimana diantaranya 5 podium tertinggi berhasil diraih oleh Decksa. Pencapaian ini membuat remaja asal Bogor, Jawa Barat ini berhasil meraih predikat juara TTC 2023 lebih awal meskipun balapan masih menyisakan satu seri. Sementara Ramadhipa berada di posisi kedua dengan raihan poin 166 dan sang juara, Decksa meraih 243 poin.

Dalam persaingan balap level Asia, Veda Ega Pratama, Reykat Fadillah, dan Chessy Meilandri menjadi pebalap-pebalap belia yang bersaing dalam lintasan balap Asia Talent Cup (ATC). Hasil manis diraih pebalap Astra Honda di ajang ini, tidak hanya sekedar mencetak prestasi, pada ajang ini Veda berhasil membukukan sejarah bagi dunia balap Asia dan juga Indonesia.

Gelar juara IATC 2023 yang telah diraih Veda sejak seri Sepang, Malaysia membuatnya menjadi
pebalap Indonesia pertama yang meraih gelar ini. Capaian sebesar 256 poin yang ia koleksi pada musim ini pun menjadi sebuah rekor koleksi poin terbanyak selama pelaksanaan ajang pebalap-pebalap muda potensial Asia ini sejak tahun 2015.

Sembilan kemenangan yang diraih tersebut juga menjadi kemenangan terbanyak dalam gelaran balap talenta Asia ini, dimana sapu bersih (2 kali podium tertinggi dalam satu seri) berhasil Veda raih pada seri Motegi-Jepang, Mandalika-Indonesia, dan Losail-Qatar, kemudian satu kali podium tertinggi ia raihnya pada dua gelaran seri Sepang-Malaysia dan Buriram-Thailand.

“Alhamdulillah, saya berhasil meraih juara di IATC 2023. Terima kasih kepada PT Astra Honda Motor untuk supportnya kepada saya dalam 2 tahun keikutsertaan saya di IATC, kedua orang tua, dan tentunya seluruh masyarakat Indonesia yang selalu mendukung saya. Semoga saya dapat terus berprestasi untuk Indonesia di kancah balap internasional,” ujar Veda.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1227 seconds (0.1#10.140)