Honda EM1 e: Penuhi Syarat TKDN, Harga Rp45 Juta Disubsidi Rp7 Juta

Sabtu, 09 Desember 2023 - 07:18 WIB
loading...
Honda EM1 e: Penuhi Syarat TKDN, Harga Rp45 Juta Disubsidi Rp7 Juta
Honda EM1 e: segera mendapatkan subsidi Rp7 juta karena sudah memenuhi syarat TKDN. Foto: Sindonews/Danang Arradian
A A A
JAKARTA - Motor listrik Honda EM1 e: tinggal selangkah lagi untuk bisa masuk ke dalam program bantuan pemerintah. Tepatnya, untuk mendapatkan potongan harga Rp7 juta.

Kendaraan roda dua ramah lingkungan itu sudah memenuhi syarat TKDN (Tingkat Komponen Dalam Negeri) minimal 40 persen. Berdasarkan data yang dirilis oleh Kementerian Perindustrian dalam laman TKDN, tercatat motor listrik Honda sudah memenuhi syarat.

Kemungkinan ada dua model yang akan dipasarkan, yakni Honda EM1 e: Plus dengan nilai TKDN 40,53 persen, dan EM1 e: dengan nilai TKDN sebesar 40,56 persen.

Seperti diketahui, untuk masuk dalam program subsidi Rp7 juta, motor listrik harus dirakit secara lokal dan memiliki TKDN 40 persen. Syarat tersebut saat ini sudah dipenuhi oleh motor listrik Honda EM1 e:.

General Manager Corporate Communication Astra Honda Motor Ahmad Muhibbuddin mengakui motor listrik Honda sudah lolos syarat TKDN. Ia mengatakan bahwa saat ini sedang dalam proses untuk masuk dalam program subsidi ke laman SISAPIRa.

“Iya benar (sudah memenuhi syarat minimal TKDN). Sekarang masih proses (ke SISAPIRA). Nanti akan kami infokan segera,” kata Muhib saat dikonfirmasi SINDONews mengenai masuknya motor listrik Honda EM1 e: dalam program subsidi Rp7 juta.

Seperti diketahui, masyarakat yang ingin memanfaatkan subsidi motor listrik, dapat melakukannya melalui laman Sistem Informasi Bantuan Pembelian Kendaraan Bermotor Listrik Roda Dua (SISAPIRa).

Motor listrik Honda EM1 e: sendiri diperkenalkan secara resmi di Indonesia pada ajang GIIAS 2023, Agustus lalu. Namun, motor ini belum memiliki harga resmi, dengan kisaran Rp40 juta-45 juta.



Kendaraan tersebut menggunakan baterai lithium-ion dengan kapasitas 26,1 Ah yang mampu menempuh jarak 41 km dengan kecepatan maksimum 45 km/jam. Soal pengisian daya baterai, dapat memanfaatkan Honda Power Pack Charger e:.

Waktu pengisian daya sekitar 2,7 jam (160 menit) untuk 25-75 persen, dan 6 jam untuk 0-100 persen. Selain itu, pengguna EM1 e: dapat mengunjungi Honda Power Pack Exchanger e: untuk menukar baterai yang telahterisipenuh.
(dan)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.3094 seconds (0.1#10.140)