Intip Spesifikasi Mobil Listrik yang Dipakai Paus Fransiskus

Senin, 11 Desember 2023 - 21:41 WIB
loading...
Intip Spesifikasi Mobil Listrik yang Dipakai Paus Fransiskus
Paus Fransiskus akan mengendarai mobil listrik Volkswagen, setelah pabrikan tersebut mengirimkan dua unit yang dipesan. (Foto: Essanews)
A A A
JAKARTA - Paus Fransiskus akan mulai mengendarai mobil listrik Volkswagen, setelah pabrikan tersebut mengirimkan dua dari 40 mobil listrik yang dipesan.

Mobil-mobil tersebut telah diserahkan ke Vatikan secara seremonial oleh perwakilan Volkswagen, yaitu Imelda Labbe, anggota dewan Volkswagen, Dr. Christian Dahlheim, CEO Volkswagen Financial Services, dan Dr. Markus Osegowitsch, CEO Volkswagen Group Italia.

Dilansir dari Essanews, Senin (11/12/2023), tak hanya Paus Fransiskus, para pejabat di Vatikan lainnya sedianya juga akan menggunakan kendaraan listrik sebagai komitmen pengurangan emisi karbon. Model mobil listrik yang dipilih adalah ID.3, ID.4, dan ID.5.

Sementara Paus Fransiskus akan menggunakan model ID.3. Dari sisi spesifikasi, kendaraan ini dilengkapi baterai dengan kapasitas sebesar 58 kW dan jangkauan WLTP sekitar 266 mil. Mobil ini memiliki roda baja dengan tutup roda plastik, cat abu-abu, dan lampu depan LED biasa.



Kendaraan ramah lingkungan bukanlah hal baru di Vatikan. Paus Fransiskus telah memiliki popemobile berbasis hidrogen Toyota Mirai dan BMW i3. Pada tahun 2012, Renault mempersembahkan Paus Benediktus XVI Kangoo Z.E. listrik yang dimodifikasi untuk digunakan di tempat tinggal musim panasnya di Castel Gandolfo.

Namun, mobil listrik Volkswagen ini bukanlah hadiah, melainkan bagian dari sejumlah mobil yang dipesan oleh Vatikan melalui kesepakatan dengan perusahaan leasing Volkswagen Financial Services. Armada ini akan ditambahkan dengan 38 mobil listrik VW lainnya tahun depan, termasuk model ID.4 dan ID.5. Model listrik dari merek-merek lain dalam Grup Volkswagen juga akan ditambahkan dalam beberapa tahun mendatang.
Volkswagen adalah mitra proyek yang bertujuan agar seluruh armada mobil Vatikan menjadi netral karbon pada tahun 2030.



"Elektrifikasi armada kendaraan semakin penting di seluruh dunia. Ini merupakan kehormatan besar bagi merek kami bahwa para pegawai Vatikan akan segera bergabung dengan para pengemudi Volkswagen ID. Pilihan ini menegaskan daya tarik mobil dari rangkaian ID kami," kata Imelda Labbé di Vatikan.
(msf)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.3233 seconds (0.1#10.140)