Intip Cara Bus di Arab Saudi Cegah Pencurian, Paling Mujarab Pakai CCTV

Kamis, 21 Desember 2023 - 15:45 WIB
loading...
Intip Cara Bus di Arab Saudi Cegah Pencurian, Paling Mujarab Pakai CCTV
Pengelola bus pariwisata di Arab Saudi telah dilengkapi dengan CCTV sehingga kasus pencurian jarang terjadi. Foto/Wahyu Sibarani
A A A
JAKARTA - Bus-bus pariwisata di Arab Saudi banyak digunakan oleh wisatawan untuk beribadah di Tanah Suci, Mekkah dan Madinah. Menariknya aksi pencurian di bus-bus pariwisata tersebut justru sangat jarang terjadi.

Pengelola bus pariwisata di Arab Saudi telah dilengkapi dengan CCTV sehingga kasus pencurian jarang terjadi. Tidak main-main jumlah CCVT yang dipasang mencapai tiga unit untuk memantau segala kegiatan yang terjadi di dalam bus, ketika berjalan atau beristirahat.

"Sudah jadi standar keamanan bus-bus pariwisata dilengkapi dengan CCTV," ucap Rayyan, salah satu Kementerian Informasi, Komunikasi, dan Teknologi Kerajaan Arab Saudi yang menemani MNC Portal Indonesia saat berkunjung ke Arab Saudi dalam rangka GCC-Asean Summit 2023 yang berlangsung pekan ini.



Rayyan mengatakan sebenarnya tindakan kriminal seperti pencurian di dalam bus pariwisata sangat rendah. Hanya saja pihak otoritas meminta agar operator bus pariwisata tetap memasang CCTV.

Dalam pengamatan MNC Portal Indonesia ketiga CCTV yang ada di bus memang ditempatkan di posisi berbeda. Tepatnya pas di bagian pintu masuk bus yang ada di bagian depan dan bagian tengah.
Intip Cara Bus di Arab Saudi Cegah Pencurian, Paling Mujarab Pakai CCTV


Sebanyak dua CCTV dipasang di bagian pintu depan bus dan sisanya di bagian pintu tengah. Menariknya sopir bus bisa memonitor CCTV secara langsung. Seluruh rekaman langsung dikirimkan ke layar monitor berukuran 10 inci yang di dahsboard bus.

Layar itu juga memiliki fungsi lain bukan hanya menampilkan rekaman CCTV. Layar itu juga bisa berfungsi sebagai kamera 360 derajat. Jadi sopir bus bisa memantau kondisi bus dalam keadaan baik setiap kali berjalan, berhenti, hingga parkir.



Sopir bus juga dibuat senyaman mungkin saat bekerja. Terutama saat kondisi cuaca panas menyengat. Sopir bus bisa mengatur tirai yang ada di jendela depan secara elektronis. Jadi ketinggian tirai bisa diatur tanpa sopir bus berdiri dari jok bus.

Para penumpang bus pariwisata juga ikut merasa nyaman karena kursi bus didesain dengan sangat mewah karena balutan kulit yang sangat nyaman. Alhasil bus Yutong buatan China yang digunakan benar-benar terasa nyaman.
Intip Cara Bus di Arab Saudi Cegah Pencurian, Paling Mujarab Pakai CCTV


Dari segi fasilitas memang tidak terlalu wah. Hanya saja bus-bus pariwisata di Riyadh setidaknya bisa memberikan rasa nyaman dan aman selama menggunakan bus pariwisata tersebut. Dua faktor yang sangat diutamakan oleh pengguna bus. Saat ini pemasangan CCTV di bus sebenarnya tidak terlalu mahal dan rumit.
(wib)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2432 seconds (0.1#10.140)