Hyundai Berencana Hadirkan Mobil Listrik yang Lebih Kecil dan Terjangkau

Selasa, 26 Desember 2023 - 16:47 WIB
loading...
Hyundai Berencana Hadirkan Mobil Listrik yang Lebih Kecil dan Terjangkau
Hyundai sedang mempertimbangkan tindak lanjut dari Ioniq 5 N, untuk menawarkan mobil listrik yang lebih kecil dan lebih terjangkau. Foto/Carbuyer
A A A
SEOUL - Penasihat teknis eksekutif Hyundai Motor Group , Albert Biermann mengatakan, perusahaan sedang mempertimbangkan tindak lanjut dari Ioniq 5 N, untuk menawarkan mobil listrik yang lebih kecil dan lebih terjangkau. Namun, dia mengatakan masih ada tantangan dalam menghadirkan mobil listrik yang lebih kecil ke pasar.

Render eksklusif kami menunjukkan tampilan mobil N listrik yang lebih kecil. Kemungkinan besar mobil seperti itu akan mencoba mengisi peran i20 N, i30 N, dan Kona N sekaligus, karena tidak mungkin lagi memiliki beragam model yang ditujukan untuk pelanggan yang sama.

Diperkirakan mobil tersebut akan menggunakan bentuk hatchback daripada SUV, demi keunggulan aerodinamis, performa, dan gaya. Diperkirakan bodi lebih panjang, lebih lebar dan hanya sedikit lebih rendah dari Nissan Qashqai, dan banderol harga mulai dari 65.000 poundsterling (Rp1,27 miliar).



“Kami harus menemukan sesuatu di (segmen) B atau C. Ada banyak diskusi. Pada titik ini belum ada yang diputuskan,” kata Biermann, mengacu pada mobil seukuran i20 dan i30, dikutip SINDOnews dari laman carbuyer, Selasa (26/12/2023).

Salah satu tantangan pekerjaan tersebut adalah mengemas sistem kelistrikan dan ukuran baterai yang diperlukan untuk menangani target performa Hyundai N yang menyeluruh. Termasuk mengemudikan mobil di track day.

“Jika Anda menggunakan 400 volt (listrik), Anda menggandakan arus, empat kali lipat pembuangan panas. Efisiensinya buruk. Jika Anda memikirkan mobil jenis i30, 400 volt tidaklah tepat,” ujarnya.

Ioniq 5 N mengatasi hal ini berkat arsitektur 800 volt yang sama dengan mobil seperti Porsche Taycan, namun sistem seperti itu rumit dan mahal, dan membuatnya hanya untuk mobil N yang lebih kecil mungkin tidak layak secara finansial. Artinya, model Hyundai dan Kia lainnya mungkin perlu mengadopsi teknologi ini terlebih dahulu, untuk menyebarkan biaya ke lebih banyak jenis kendaraan.



Keterjangkauan adalah kuncinya, karena begitu Hyundai i20 N seharga 26.500 poundsterling dan i30 N seharga 36.000 poundsterling menghilang dari penjualan pabrikan tidak akan mempunyai apa-apa lagi untuk ditawarkan kepada pembeli yang antusias. “(A) mobil listrik N-car kecil, itu adalah sesuatu yang harus kami lakukan, jika tidak, kami akan membiarkan pelanggan kami tidak tahu apa-apa” kata Biermann.
(wib)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1896 seconds (0.1#10.140)