Gunakan Baterai Berjenis LFP, BYD Tidak Butuh Nikel Indonesia

Rabu, 27 Desember 2023 - 12:14 WIB
loading...
Gunakan Baterai Berjenis LFP, BYD Tidak Butuh Nikel Indonesia
Perbedaan antara baterai dengan bahan NCM dan LFP yang dipajang di kantor pusat BYD di Shenzen, China. Foto: Sindonews/Danang Arradian
A A A
SHENZEN - Indonesia kaya cadangan nikel . Seharusnya, ini bisa berdampak positif terhadap perkembangan industri mobil listrik lokal bahkan dunia. Sayangnya, tidak semua baterai mobil listrik terbaru menggunakan bahan nikel.

Menurut data Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM), Indonesia disebut memiliki cadangan nikel sebesar 72 juta ton Ni (nikel). Jumlah tersebut merupakan 52% dari total cadangan nikel dunia yang mencapai 139.419.000 ton.

Karena itu, pemerintah Indonesia berupaya untuk melakukan hilirisasi nikel untuk menciptakan ekosistem kompetitif di rantai nilai baterai lithium dan kendaraan listrik.

Seperti diketahui, nikel menjadi salah satu bahan utama dari baterai jenis NMC (LiNiMnCoO2), salah satu jenis baterai litium-ion yang paling sukses di pasar. Baterai ini kombinasi 3 logam utama dengan komposisi relatif sama: nikel-mangan-kobalt.

Meski demikian, pabrikan mobil listrik asal China BYD tampaknya tidak butuh nikel dari Indonesia.

Sebab, sejumlah model mobil listrik yang bakal dibawa ke Indonesia seperti BYD Seal, BYD Atto 3, dan BYD Dolphin menggunakan baterai berjenis Lithium Iron Phosphate atau LFP.

Gunakan Baterai Berjenis LFP, BYD Tidak Butuh Nikel Indonesia

Baterai Blade milik BYD yang menggunakan bahan Lithium Iron Phosphate atau LFP. Foto: Sindonews/Danang Arradian

”Karena memakai baterai LFP, kami memang tidak butuh nikel,” beber General Manager BYD Asia-Pasific Auto Sales Division Liu Xueliang saat ditemui di kantor pusat BYD di Shengzhen, China.

Liu mengatakan, sejak bertahun-tahun lalu BYD memang fokus untuk mengembangkan baterai berjenis LFP. Bahkan, saat ini teknologi baterai LFP mereka yang disebut Blade adalah yang terdepan.



Tapi, mengapa fokus ke jenis LFP? Liu mengatakan, dibandingkan dengan Lithium-ion ataupun NCM, baterai LFP jauh lebih safety. Tidak hanya aman dalam hal suhu panas, tapi juga sangat durable. Bahkan, tahan ditusuk.

Liu menegaskan prioritas utama BYD dalam pengembangan kendaraan listrik adalah soal safety.

“Kami akan menempatkan LFP sebagai strategi utama. Fokus kami yang pertama adalah safety. Nomor dua juga safety. Karena itu kami percaya baterai LFP cocok produksi masal karena lebih aman,"sebutnya.
(dan)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2329 seconds (0.1#10.140)