Hindari Kecelakaan saat Hujan, Perhatikan Perawatan Ban Mobil

Selasa, 02 Januari 2024 - 16:36 WIB
loading...
Hindari Kecelakaan saat Hujan, Perhatikan Perawatan Ban Mobil
Guyuran hujan membuat permukaan jalan lebih licin sehingga perlu kewaspadaan tinggi. Foto/Auto2000
A A A
JAKARTA - Guyuran hujan membuat permukaan jalan lebih licin sehingga perlu kewaspadaan tinggi. Untuk keselamatan berkendara, persiapan dan perawatan ban perlu dilakukan untuk memastikan dalam kondisi baik.

Ban menjadi komponen terpenting, untuk memberikan kenyamanan dan keamanan selama berkendara. Bahkan ban juga bisa menjadi penyebab utama kecelakaan apabila dalam kondisi yang tak baik.

Untuk itu, perawatan ban sangat penting untuk menghindari kecelakaan dalam kondisi hujan. Berikut perawatan ban mobil agar tetap baik dirangkum dari laman Auto2000, Selasa (2/1/2024).

1. Periksa Tekanan Udara Ban

Pastikan tekanan udara ban berada pada level yang direkomendasikan secara berkala. Tekanan udara yang tepat membantu mengoptimalkan daya cengkeram ban di jalan basah, mengurangi risiko aquaplaning, dan meningkatkan efisiensi bahan bakar.


2. Pilih Profil Ban yang Sesuai

Pilih ban dengan alur yang sesuai untuk musim hujan. Ban dengan alur yang baik akan membantu memberikan gaya gesek yang dibutuhkan mobil untuk dapat melintas di jalan tanpa tergelincir.

3. Cek Kondisi dan Kedalaman Alur Ban

Periksa secara berkala kondisi fisik ban dan kedalaman alur dalam batas aman. Ban yang aus atau alur yang terlalu dangkal dapat meningkatkan risiko aquaplaning dan mengurangi daya cengkeram di jalan basah.

4. Hindari Beban Berlebih

Mengangkut beban melebihi kapasitas maksimal juga dapat merusak ban dan mengurangi daya cengkeram. Demi keamanan dan keselamatan, baik diri sendiri maupun pengguna jalan lain, pastikan tidak memuat kendaraan melebihi batas yang ditentukan.


5. Hindari Pengereman Mendadak

Pengereman mendadak di jalan basah dapat menyebabkan kehilangan daya cengkeram dan mengurangi kontrol kendaraan. Jadi, berusahalah untuk berkendara dengan tenang dan menghindari pengereman yang tiba-tiba.
(wib)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2776 seconds (0.1#10.140)