Ditiban Truk Molen, Pesaing Alphard dari China Ini Tetap Utuh

Sabtu, 06 Januari 2024 - 07:59 WIB
loading...
Ditiban Truk Molen, Pesaing Alphard dari China Ini Tetap Utuh
Zeeker sengaja ditiban truk molen demi buktikan produk mereka lebih aman dari Toyota Alphard. Foto: ist
A A A
CHINA - Pabrikan mobil China, Zeekr , punya cara unik membuktikan mobil andalan mereka lebih aman dari kompetitornya, Toyota Alphard.

Pabrikan mobil China, Zeekr , punya cara unik membuktikan mobil andalan mereka, Zeekr 009, jauh lebih aman dibanding kompetitor terdekat, Toyota Alphard.

Tidak main-main mereka nekat meniban Zeekr 009 dengan truk molen atau mixer truck pengangkut semen. Laman Autopro, Sabtu (6/1/2023) menyebutkan upaya pembuktian itu direkam melalui sebuah video komersial.

Video itu kemudian diedarkan di dunia maya untuk memperlihatkan kemampuan Zeekr 009. “Zeekr meyakini struktur bodi Zeekr 009 adalah yang teraman di dunia berkat material yang sangat kuat. Mobil itu diyakini tiga kali lebih kokoh dibanding MPV konvensional lain yang ada di pasar,” sebut Autopro.

Ditiban Truk Molen, Pesaing Alphard dari China Ini Tetap Utuh

Dalam video itu diperlihatkan Zeekr 009 ditempatkan dalam posisi parkir. Setelahnya mereka kemudian menjalankan truk molen dari arah berlawanan.
Dalam lintasan truk tersebut dibuat sebuah landasan kecil yang bisa membuat truk molen terguling.

Ditiban Truk Molen, Pesaing Alphard dari China Ini Tetap Utuh

Begitu sampai di landasan, truk molen itu langsung terjatuh ke samping dan meniban Zeekr 009 dari samping. Hebatnya bodi samping Zeekr 009 sama sekali tidak penyok. Padahal bobot truk molen tersebut yang mencapai 30 ton sudah sangat mampu membuat bodi mobil terlipat.

Zeekr menyebutkan bodi mobil bagian belakang terbuat dari aluminium monilitik yang telah mengalami penguatan hingga 36,450 Nm per derajat.

Belum lagi pilar A mobil yang terbuat dari baja dengang tingkat penguatan sebesar 71 persen. Penguatan itu jauh lebih tinggi 10 persen dari level standar yang ada saat ini.



Ditiban Truk Molen, Pesaing Alphard dari China Ini Tetap Utuh

Autopro mencatat kekuatan Zeekr 009 memang tidak isapan jempol belaka. Setidaknya sudah ada dua kecelakaan lalu lintas yang melibatkan Zeekr berupa tabrakan beruntun dan ditabrak truk trailer.

Sesuai dengan video yang diedarkan oleh Zeekr, kondisi mobil MPV mewah dari China itu benar-benar tidak mengalami kerusakan yang fatal dan mengancam nyawa.

Sayangnya Zeekr 009 masih jadi produk domestik China. Jadi mobil tersebut tidak dijual di negara-negara lain sepertidiIndonesia.
(dan)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2345 seconds (0.1#10.140)