Mitsubishi XForce Punya Transmisi D Sport yang Jadi Senjata Rahasia, Ini Kelebihannya

Senin, 15 Januari 2024 - 17:48 WIB
loading...
Mitsubishi XForce Punya Transmisi D Sport yang Jadi Senjata Rahasia, Ini Kelebihannya
Mitsubishi XForce jadi andalan Mitsubishi di segmen SUV kompak. Foto/DOK. MMKSI.
A A A
JAKARTA - Mitsubishi XForce menggoda banyak orang karena memiliki empat mode berkendara yakni Normal, Wet, Gravel, dan Mud. Tapi masih ada satu lagi mode rahasia yang membuat mobil SUV kompak andalan Mitsubishi itu jadi jauh lebih bertenaga dan dinamis.

Fitur itu terkesan rahasia karena memang banyak pemiliknya luput menemukan tombolnya. Pasalnya tombol itu justru seakan diletakkan di bawah tuas transmisi.

Jadi wajar jika banyak pemilik Mitsubishi XForce kelupaan dengan fitur tersebut. Padahal berkatfitur ini maka transmisi akan bekerja lebih sigap dan mampu membuat sebuah mobil berakselerasi lebih cepat.

“Fitur D Sport ini bekerja dengan memanipulasi transmisi untuk bisa bereaksi lebih cepat atau menambah performa pada saat menambah,” tutur Rifat Sungkar, Brand Ambassador Mitsubishi Motors di Indonesia.



Di sini otak dari transmisi CVT akan memerintahkan untuk menahan putaran lebih lama pada rasio tertentu dan imbasnya akan menahan putaran mesin pada putaran tertentu juga.

“Saat mode D Sport diaktifkan, semua akan ditahan lebih lama pada rasio tersebut lebih lama sebelum berpindah ke rasio yang lebih tinggi. maka tidak akan pindah ke gigi berikutnya. Dan ini juga berlaku pada saat menanjak ataupun melahap turunan,” sambungnya.



Namun perlu diingat bahwasanya penggunaan fitur ini ada konsekuensinya. Lantaran putaran mesin dan transmisi ditahan dalam waktu yang lebih lama dan tinggi maka berimbas pada konsumsi BBM yang lebih boros.

Selain itu D Sport itu tidak sama fungsinya dengan fitur drive mode (Normal, Wet, Gravel, Mud) yang dapat dipilih tergantung pada kondisi jalan dan terintegrasi dengan fitur Active Yaw Control (AYC).

Mitsubishi XForce dibekali dengan mesin 4A91, alias sama dengan yang dibekalkan pada Xpander. Mesin 4 silinder inline DOHC berkapasitas 1.499 cc mampu memuntahkan daya 103 hp dan torsi 141 Nm
(wsb)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2190 seconds (0.1#10.140)