Perkenalkan Parkie, Robot Canggih untuk Memarkir Mobil

Kamis, 18 Januari 2024 - 21:00 WIB
loading...
Perkenalkan Parkie, Robot Canggih untuk Memarkir Mobil
Parkie bekerja dengan mengambil kendali mobil dari bawah, kemudian memarkirkannya dengan sempurna. (Foto: HL Mando)
A A A
JAKARTA - Teknologi robot semakin berkembang dan menyentuh hampir seluruh sendi kehidupan. Kali ini hadir Parkie, robot valet yang bisa membantu memarkir mobil secara mandiri.

Seperti diketahui, sulitnya mencari tempat parkir menjadi masalah umum di berbagai fasilitas umum atau perkantoran di berbagai kota di dunia. Hal itu karena terbatasnya lahan dan semakin banyaknya jumlah kendaraan.

Kemampuan Parkie dipamerkan di ajang CES 2024 di Las Vegas, beberapa waktu lalu. Parkie bekerja dengan mengambil kendali mobil dari bawah, kemudian memarkirkannya dengan sempurna ke tempat parkir.

Dari sisi tampilan, Parkie terlihat seperti selembar logam namun dibekali kecerdasan luar biasa. Untuk memindahkan mobil, ia tidak memerlukan akses ke sistem atau daya mobil. Parkie juga mampu menempatkan mobil ke tempat parkir yang sempit sehingga pengemudi atau bahkan mode otonom, bakal kesulitan menemukan sudut masuk.



Dilansir dari T3.com, Kamis (18/1/2024), kehadiran Parkie membuka peluang perancangan ulang tempat parkir dengan tata letak baru, karena luasnya dapat jauh lebih kecil sehingga menampung lebih banyak kendaraan.

Robot Parkie dilengkapi sejumlah sensor, sehingga mampu bergerak secara mandiri dan menghindari rintangan apa pun. Ia bekerja seperti petugas valet yang dapat memarkirkan kendaraan dan mengambilnya lalu mengantarkannya ke area lobi atau tempat lain, sesuai permintaan.



Untuk sementara, Parkie belum dijual bebas untuk masyarakat umum. Unit ini baru tersedia untuk lembaga atau perusahaan.
(msf)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1245 seconds (0.1#10.140)