Tips Cuci Mobil yang Baik dan Benar Tanpa Merusak Cat

Selasa, 23 Januari 2024 - 21:00 WIB
loading...
Tips Cuci Mobil yang Baik dan Benar Tanpa Merusak Cat
Tips Cuci Mobil yang Baik dan Benar . FOTO/ Carscoops
A A A
JAKARTA - Mencuci mobil menjadi salah satu ritual yang wajib dilakukan, terlebih saat musim hujan seperti sekarang. Mencuci mobil penting dilakukan agar mobil kesayangan tetap tampil menawan.



Membiarkan mobil kotor setelah terguyur hujan selain bisa menganggu penampilan juga dapat merusak bagian luar mobil. Biasanya masalah yang kerap dijumpai adalah mobil mengalami karatan.

Tapi perlu diketahui bahwa mencuci mobil juga tak bisa dilakukan sembarang karena memiliki risiko. Yang paling umum adalah body mengalami baret hingga muncul bercak-bercak.

Nah untuk menghindari risiko tersebut, maka perlu mengetahui cara mencuci mobil yang tepat. Seperti apa caranya, berikut langkah-langkahya, seperti dilansir dari berbagai sumber, Selasa (23/1/2024).

Tapi sebelumnya langkah pertama yang perlu dilakukan ialah menyiapkan peralatan yang dibutuhkan. Adapun, peralatan yang dibutuhkan untuk mencuci mobil adalah sebagai berikut:

- Lap plas chamois
- Sabun khusus cuci mobil
- Lap microfiber
- Ember
- Sikat kecil
- Selang.

Jika peralatan yang dibutuhkan telah lengkap waktunya untuk mencuci mobil. Langkah-langkah dalam mencuci mobil dengan hasil yang bersih bisa mengikuti langkah seperti di bawah ini:

1. Basahi body mobil dengan air bersih
Mengawali aktivitas mencuci mobil, kalian perlu membasahi seluruh body mobil sebelum mulai melakukan pembersihan. Tujuannya tak lain untuk melarutkan kotoran, berupa debu, tanah, atau minyak yang menempel pada body mobil.

Ada tips penting yang perlu diketahui jika melakukan tahap ini dengan air bertekanan tinggi. Hindari menyemprot body mobil secara frontal. Alternatifnya, lakukan dengan cara menyamping.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1823 seconds (0.1#10.140)